Angkutan Barang Diimbau Beroperasi Pascacuti Bersama Selesai

Angkutan Barang Diimbau Beroperasi Pascacuti Bersama Selesai
Pemudik yang melewati tol Cipali mengalami lonjakan yang cukup signifikan, Rabu (21/6). Di pintu exit Palimanan, kendaraan mengalami kemacaten hingga 3 km. Foto: Ilmi Yanfa Unnas/Radar Cirebon/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengimbau angkutan barang dan kendaraan bermuatan besar untuk beroperasi setelah arus balik selesai pada Senin (3/7).

Hal ini untuk melancarkan lalu lintas pada arus balik.

"Mohon toleransi dan dukungan dari para pengusaha baik eksportir, importir, dan lainnya dapat memulai beroperasinya kendaraan angkutan barang setelah puncak arus balik selesai pada 3 Juli," kata Royke di Mako Korlantas Polri, Jakarta, Kamis (29/6).

Dia menjelaskan, tercatat ada sekitar 1,5 juta kendaraan pribadi yang akan memasuki ibu kota dari segala penjuru daerah.

Karenanya, semua pihak seperti angkutan barang diminta berperan dalam menyukseskan arus balik itu.

"Jika memang kendaraan angkutan barang harus beroperasi dan jika situasi di lapangan tidak memungkinkan maka akan dilaksanakan diskresi kepolisian seperti menempatkan kendaraan angkutan barang tersebut pada kantong-kantong parkir sampai situasi memungkinkan," terang Royke.

Selain itu, Royke meminta kepada pemudik memperhatikan sejumlah jalur arus balik Lebaran ini. Dia mengimbau kepada pemudik untuk berhati-hati.

"Titik krusial yang menjadi perhatian dan atensi untuk diantisipasi adalah Grinsing, Brexit, Palimanan, Dawuan, Gerbang Tol Cikarut serta Rest Area sepanjang Tol Cikampek KM 62, KM 52, dan KM 42," kata Royke.

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengimbau angkutan barang dan kendaraan bermuatan besar untuk beroperasi setelah arus balik selesai pada Senin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News