Anies Baswedan Didaulat Jadi Inspektur Upacara

Kemerdekaan Tidak Diraih Secara Instan

Anies Baswedan Didaulat Jadi Inspektur Upacara
Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan didaulat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Koja, Jakarta Utara, Kamis (17/8). Foto: Anies-Sandi Center for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan merayakan hari kemerdekaan dengan menghadiri upacara bersama warga Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara, Kamis (17/8). Tak hanya itu, mantan Mendikbud itu juga didaulat sebagai inspektur upacara.

Dalam amanatnya, Anies mengingatkan kembali bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia tidak diraih secara instan dan bukan merupakan pemberian, melainkan lewat perjuangan.

“Bangsa ini meraih kemerdekaan lewat perjuangan, cucuran keringat tetesan darah hibah nyawa pikiran para para pejuang,” ujar Anies.

Anies juga mengutip kata-kata dari Presiden pertama RI Soekarno yang menggambarkan kemerdekaan adalah jembatan emas bangsa Indonesia untuk meraih dan mewujudkan janji kemerdekaan.

“Menurut bung Karno kemerdekaan adalah jembatan emas. Hari ini kita peringati hadirnya jembatan emas itu dan kita bertanggung jawab memanfaatkan jembatan itu untuk melunasi janji kemerdekaan untuk bersatu berdaulat adil dan makmur," ucapnya.

Tanggung jawab itu kata Anies, membutuhkan perjuangan sangat keras. Begitu juga tanggung jawab untuk mewujudkan janji kemerdekaan di ibu kota negara.

Inisiator Indonesia Mengajar ini juga menyampaikan apresiasinya kepada para warga Tanah Merah yang mempersiapkan upacara dengan sangat baik serta antusias mereka untuk menjalankan upacara dengan khidmat.

"Di Tanah Merah ini dengan hadirnya banyak warga membuktikan masih ada pejuang di tanah ini, dan warga tanah merah berhasil menunjukkan inilah merahnya Indonesia," pungkas Anies.(gir/jpnn)


Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan merayakan hari kemerdekaan dengan menghadiri upacara bersama warga Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara,


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News