Anies-Sandi Berencana Gelar Workshop di Pasar-pasar

Anies-Sandi Berencana Gelar Workshop di Pasar-pasar
Pasangan Anies-Sandi. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana melakukan penataan pasar tradisional di Jakarta, agar menjadi lokasi jual beli yang bersih dan nyaman.

Caranya, dengan terlebih dahulu menata lapak pedagang.

"Penataan lapak merupakan awal peningkatan kualitas pasar tradisional," ujar Anies saat berkunjung di Fresh Market, Pantai Indah Kapuk, Pluit, Jakarta Utara, Minggu (19/3).

Menurut Anies, penataan sangat penting. Misalnya untuk lapak basah, dapat dikhususkan untuk pedagang daging dan ikan segar. Sementara lapak kering bisa untuk sayur mayur dan sejumlah kebutuhan lainnya.

"Lapak basah dipergunakan untuk pedagang yang menjual daging dan ikan segar. Sehingga setelah mengolah bahan makanan, limbahnya bisa langsung dialirkan tanpa menimbulkan bau," ucap Anies.

Mantan menteri pendidikan dasar dan kebudayaan ini mengakui, pemikirannya ingin menata pasar tradisional, karena selama ini konsep pasar-pasar yang ada, belum banyak menggunakan sistem pembuangan limbah dengan baik.

Akibatnya, bahan makanan yang tak terpakai biasanya menumpuk dan menimbulkan aroma tak sedap, yang sangat mengganggu kenyamanan pembeli.

Dari konsep yang direncanakan, pasar tradisional nantinya tak hanya akan memerbaiki fisik bangunan semata. Menurut calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang juga ikut berkunjung ke Fresh Market PIK, juga akan memerhatikan peningkatan sumber daya manusia yang ada.

Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana melakukan penataan pasar tradisional di Jakarta, agar menjadi lokasi jual beli yang bersih dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News