Antisipasi Joki, Panitia SNMPTN Gelar Sidak

Antisipasi Joki, Panitia SNMPTN Gelar Sidak
Antisipasi Joki, Panitia SNMPTN Gelar Sidak
JAKARTA - Ketua Umum Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Herry Suhardiyanto menerangkan, seluruh Panitia SNMPTN hari ini sengaja menggelar inspeksi mendadak (sidak) di SMAN 70 Bulungan Jakarta, guna mengantisipasi adanya joki-joki SNMPTN yang beredar.

"Kami telah menyiapkan suatu sistem yang dapat mendeteksi kecurangan. Masalah ini sudah dibahas di dalam rapat-rapat intensif bersama pihak Kemdiknas, rektor dan para wakil rektor," ungkap Herry, seusai melakukan sidak SNMPTN bersama Mendiknas di SMAN 70 Bulungan, Jakarta, Rabu (16/6).

Namun, soal bagaimana cara-cara mendeteksi pelaku kecurangan itu, Herry enggan menyebutkannya. "Kami tidak akan memberitahukan bagaimana cara, atau bagaimana sistem ini bekerja untuk mendeteksi kecurangan. Kita memang sengaja menjaga, agar trik kami tidak bocor ke masyarakat," paparnya.

Sementara selain itu, lanjut Herry, pihaknya juga telah menurunkan sejumlah pengawas yang mampu mengawasi para peserta tes, serta dapat mengetahui gerak-gerik mencurigakan yang bakal terjadi di ruang ujian. Disebutkannya, untuk tahun ini panitia menurunkan sebanyak 44 ribu orang pengawas, yang terdiri dari dosen, guru dan mahasiswa. Para pengawas itu sekaligus diwajibkan untuk memeriksa dan mencocokkan foto peserta dengan data yang ada di pihaknya, sebelum peserta masuk ruang ujian.

JAKARTA - Ketua Umum Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Herry Suhardiyanto menerangkan, seluruh Panitia SNMPTN hari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News