Antisipasi Resistensi Antibiotik, Serukan Koordinasi Global

Antisipasi Resistensi Antibiotik, Serukan Koordinasi Global
Antibiotik. Getty Images

jpnn.com - LONDON - Sebuah panel yang terdiri dari para ahli kesehatan dari seluruh dunia memperingatkan adanya ancaman beragam jenis bakteria yang tahan atas obat. Mereka mengkhawatirkan hal itu bakal menjadi salah satu ancaman terbesar obat-obatan modern.

Dalam tulisan di jurnal medis The Lancet, para pakar menyerukan adanya koordinasi global yang belum pernah dilakukan saat ini. Seperti dilansir skynews (17/11),  koordinasi ini mencakup pemangkasan pemberian resep antibiotik dan mengeluarkan insentif kepada perusahaan farmasi untuk mengembangkan obat baru.

Para ahli memperingatkan, tanpa antibiotik penyembuhan mulai dari operasi ringan hingga pengobatan kanker dengan kemoterapi bisa dilakukan.

Selain itu, kematian akibat infeksi di negara-negara maju mungkin akan kembali ke tingkat sebelum awal abad ke-20. "Obat-obatan modern tak pernah menghadapi ancaman sebesar ini," demikian tulis para ilmuwan di jurnal The Lancet.

Mereka juga mengatakan, bila tidak diambil langkah terkoordinir secara global, biaya layanan kesehatan akan meningkat tajam karena harus membeli antibiotik baru yang lebih mahal.

Pengeluaran rumah sakit juga akan membengkak karena pasien yang harus menjalani rawat inap akan makin besar. (esy/jpnn)


LONDON - Sebuah panel yang terdiri dari para ahli kesehatan dari seluruh dunia memperingatkan adanya ancaman beragam jenis bakteria yang tahan atas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News