Kamis, 23 Februari 2017 – 23:09 WIB

Anwar Ibrahim Ziarah ke Makam Gus Dur

Jumat, 29 Januari 2010 – 00:28 WIB
Anwar Ibrahim Ziarah ke Makam Gus Dur - JPNN.COM

Anwar Ibrahim (kanan) bertemu Sholahuddin wahid usai berziarah ke makam Gus Dur di Jombang, kemarin (281). (foto:an/Radar Mojokerto)

SHARES
JOMBANG - Sosok KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur cukup berkesan bagi mantan Deputi Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim. Dia kemarin (28/1) berkunjung ke kompleks pemakaman keluarga di Pesantren Tebu Ireng, Jombang, untuk berziarah di makam Gus Dur.

Anwar datang bersama rombongan sekitar pukul 09.00. Mereka langsung menuju kompleks pemakaman di bagian belakang pesantren. Setelah berdoa di makam Gus Dur, mereka bersilaturahmi dengan pengasuh Pesantren Tebu Ireng KH Salahuddin Wahid alias Gus Solah. Dari Jombang, rombongan yang mengendarai satu mobil itu menuju ke Surabaya untuk bertolak ke Manila, Filipina, guna menghadiri pertemuan.

Anwar mengakui cukup dekat dengan Gus Dur. Presiden ke-4 itu juga punya pengaruh kuat bagi sebagian warga Malaysia. "Almarhum (Gus Dur) juga beberapa kali memenuhi undangan untuk memberikan ceramah tentang kerukunan umat beragama (di Malaysia)," kata Anwar setelah berziarah kemarin.

Menurut Anwar, sosok Gus Dur merupakan contoh ulama yang kuat secara kultural. Anwar juga menyinggung permasalahan konflik berlatar agama di Malaysia terkait penggunaan kata "Allah". Bila Gus Dur masih hidup, sudah pasti beliau mengomentari aksi antar pemeluk yang menyulut pembakaran gereja di Malaysia tersebut.

Anwar menilai, konflik itu sama sekali tidak terkait dengan masalah agama, melainkan sekadar permainan politik antarelite. Menurut Anwar, untuk meredam permasalahan tersebut, Malaysia sebaiknya meniru langkah yang sering dilakukan Gus Dur dengan membudayakan toleransi antarumat beragama. "Kami akan berdialog antarumat beragama," jelas Anwar. (fen/lal/jpnn/agm)