AP II Bangun Airport Operation Control Center di Soetta

AP II Bangun Airport Operation Control Center di Soetta
Bandara Soekarno Hatta. Foto dok Indopos/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) mulai mendirikan Airport Operation Control Center atau AOCC.

Pembangunan itu untuk mendukung Bandara International Soekarno-Hatta menjadi smart connected airport.

Adapun pendirian AOCC di Gedung 631, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, ini juga hasil kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan di bandara yang terdiri dari unsur 4A.

Yaitu airport operator, airline operator, air navigation, dan authorities seperti karantina, bea cukai, imigrasi, dan kepolisian.

Terlibatnya seluruh stakeholder bandara karena AOCC mengintegrasikan pengelolaan sumber daya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta guna bisa beroperasi secara efektif dan efisien.

Sekaligus agar bisa mengakomodir terwujudnya keselamatan (safety), keamanan (security), pemenuhan atas regulasi (compliance), serta pelayanan (services).

Secara umum, fungsi AOCC adalah sebagai suatu command center untuk mengawasi operasional di sisi udara dan sisi darat serta mencakup seluruh aktivitas kedatangan dan keberangkatan di bandara.

“AOCC merupakan salah satu upaya AP II dalam mengimplementasikan sistem teknologi informasi di bandara atau kami sebut dengan pembangunan soft infrastructure. Pembangunan soft infrastructure ini guna mengimbangi pembangunan hard infrastructure seperti pembangunan terminal, apron, dan sebagainya yang telah kami lakukan," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin

Pembangunan itu untuk mendukung Bandara International Soekarno-Hatta menjadi smart connected airport.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News