Apersi Bangun 12 Ribu Rumah Sederhana Tapak

Apersi Bangun 12 Ribu Rumah Sederhana Tapak
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Jawa Timur menargetkan pembangunan 12 ribu unit rumah sederhana tapak (RST) pada 2017.

Bila dibandingkan dengan realisasi 2016 yang mencapai sembilan ribu unit, pembangunan RST tahun ini naik 33,3 persen.

Ketua Apersi Jatim Soepratno mengakui, unit rumah yang bisa disediakan developer pada tahun lalu memang tidak banyak karena terkendala kesiapan pengembang.

’’Nah, tahun ini pengembang memiliki persiapan yang matang. Ada yang sudah mengantongi izin hingga sedang melakukan pematangan lahan,’’ terangnya, Jumat (6/1).

Optimisme pengembang juga dipengaruhi proyeksi perbaikan pertumbuhan ekonomi sehingga permintaan rumah subsidi diperkirakan meningkat.

Penyebaran 12 ribu unit rumah tersebut merata di seluruh Jatim, kecuali di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. Sebab, harga tanah di tiga daerah itu tinggi.

Madura menjadi kawasan potensial untuk pembangunan rumah subsidi, terutama di Bangkalan yang berdekatan dengan Suramadu.

’’Potensi pasarnya ada di Surabaya. Sebab, jarak tempuhnya relatif singkat jika dibandingkan dengan kabupaten lain di Madura,’’ kata Soepratno.

Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Jawa Timur menargetkan pembangunan 12 ribu unit rumah sederhana tapak (RST)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News