Aroma Kemenyan Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019 Sudah Terasa

Aroma Kemenyan Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019 Sudah Terasa
Pengamat politik J Kristiadi. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik J Kristiadi mengaku optimistis bahwa Presiden Joko Widodo akan kembali memenangi pemilu presiden pada 2019.

Menurutnya, indikator kemenangan sudah terlihat ketika fraksi-fraksi partai pendukung pemerintah berhasil meloloskan presidential threshold 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional hasil Pemilu 2014. 

"Bau kemenyan kemenangan Jokowi sudah terasa. Namun, parpol pengusung dan tim relawan harus mulai menyusun langkah-langkah apa yang harus dibuat untuk memuluskan Jokowi," ujar Kristiadi dalam diskusi publik Dinamika Politik dan UU Pemilu di Jakarta, Sabtu (12/8).

Dia lantas membandingkan capaian pemerintahan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang pada lima tahun pertama tak memperlihatkan hasil kerja yang signifikan. Begitu SBY masuk periode kedua, sambung Kristiadi, juga tetap tidak bisa menyelesaikan masalah seperti kasus Bank Century.

"Masa sih lima tahun tidak tuntas-tuntas kasus Century? Karena itu pemerintahan Jokowi harus mengubah gaya seperti itu," ujarnya.

Kristiadi juga mengkritik sejumlah kalangan yang masih mendebatkan PT 20-25 persen. Padahal, masih banyak hal yang harus dilakukan salah satunya bagaimana merawat kewarasan.

Menurutnya, banyak debat bertele-tele untuk menggiring opini melawan pemerintah. Padahal banyak hal yang lebih substansial ketimbang urusan presidential threshold.

“Kok politisi kita lebih senang berkutat dengan angka-angka. Kenapa tidak memperdebatkan isi pasal-pasalnya? Ini namanya demokrasi membunuh demokrasi," tuturnya.(esy/jpnn)


Pengamat politik J Kristiadi mengaku optimistis bahwa Presiden Joko Widodo akan kembali memenangi pemilu presiden pada 2019.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News