Arus Mudik: H-1 Pantura Lengang

Arus Mudik: H-1 Pantura Lengang
Arus mudik H-1 sudah lengang. Ilustrasi Foto: Jawa Pos Group/dok.JPNN.com

jpnn.com, TEGAL - Jalan Pantai Utara di Kota Tegal, Jateng, sehari jelang Lebaran sudah sepi. Volume kendaraan pemudik yang melintas di sepanjang gerbang masuk perbatasan Brexit Tol hingga perempatan Pos Maya terpantau lancar bahkan lengang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kota Tegal Johardi menjelaskan, lengangnya arus lalu lintas di sepanjang Pantura Kota Tegal disebabkan puncak arus mudik sudah terjadi sejak Kamis dan Jum'at (22-23/6).

"Sesuai prediksi, puncak arus mudik sudah terlewati pada H-3 dan H-2 sebelum Lebaran," ungkapnya di sela-sela meninjau kondisi arus lalin.

Berkurangnya kepadatan arus lalin, kata Johardi, dinilai efektif dengan memberlakukan pengalihan volume kendaraan dari arah barat melalui Jalur Lingkar Utara (Jalingkut) di sebelah utara terminal.

Sehingga, saat terjadi lonjakan arus lalu lintas pemudik yang akan memasuki Pantura Kota Tegal bisa lebih diminimalisir.

"Lonjakan pemudik, didominasi sepeda motor sebanyak 9.979 unit dan mobil pribadi 3.831 unit dari arah barat (Jakarta) menuju (masuk) arah Kota Tegal," ujarnya.

Penambahan, dibandingkan arus mudik tahun lalu volume pemudik tahun ini tergolong menurun karena sudah adanya distribusi volume kendaraan pemudik melalui jalur tol hingga exit Gandulan (Pemalang).

"Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, rekayasa pemecahan arus lalin akan kembali diberlakukan," tandasnya. (syf/ela)


Jalan Pantai Utara di Kota Tegal, Jateng, sehari jelang Lebaran sudah sepi. Volume kendaraan pemudik yang melintas di sepanjang gerbang masuk perbatasan


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News