Arus Mudik, Kemenhub Tambah Kapal Penyeberangan Antar Pulau di Madura

Arus Mudik, Kemenhub Tambah Kapal Penyeberangan Antar Pulau di Madura
Mudik gratis dengan menggunakan kapal. Foto dok Pelindo III

jpnn.com, SUMENEP - Kementerian Perhubungan tahun ini menambah jumlah kapal untuk melayani masyakat yang akan mudik ke pulau-pulau. Hal ini dilakukan untuk antisipasi lonjakan jumlah penumpang kapal penyeberangan antar pulau di Madura pada masa mudik Lebaran.

Hasilnya pelayanan angkutan kapal pada masa mudik Lebaran tahun ini dinilai jauh lebih baik dari penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun-tahun sebelumnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan tiga tahun berturut-turut mudik di Madura belum maksimal. Budi ingin daerah paling sulit itu bisa diselesaikan.

“Secara umum (angkutan lebaran) di Madura jauh lebih baik karena Kementerian Perhubungan menambah kan lima kapal ke daerah Madura dan sekitarnya,” kata Budi di Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Senin (3/6).

Diakui Budi saat ini perjalanan kapal pada lintas penyeberangan di Madura kerap kali masih terjadi kendala yaitu ombak besar akibat cuaca buruk.

Dan hal ini penting diperhatikan karena bisa membahayakan keselamatan penumpang.

“Kemarin ada suatu masalah terlambat saja, terlambat karena ada ombak yang besar karena memang ombak besar tidak bisa dipaksakan, bahkan saya memberikan suatu catatan bagi Kepala Pelabuhan atau Syahbandar jangan memaksakan kapal itu berangkat dalam keadaan cuaca tidak bagus,” tegasnya.(chi/jpnn)


Sayangnya perjalanan kapal pada lintas penyeberangan di Madura kerap kali masih terjadi kendala, yaitu ombak besar akibat cuaca buruk.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News