Asian Games 2018, Alex Noerdin Berharap Ekonomi Sumsel Tumbuh 5,54 Persen

Asian Games 2018, Alex Noerdin Berharap Ekonomi Sumsel Tumbuh 5,54 Persen
Asian Games 2018 di Indonesia bakal lebih informatif dengan adanya Asian Games Information Service (AGIS). Foto: kemenpora

jpnn.com, SUMSEL - Provinsi Sumatera Selatan tak bisa kerja sendiri dalam membangun dan memajukan daerah. Butuh dukungan seluruh kabupaten/kota dan sharing bersama untuk mewujudkannya.

Baik itu persoalan infrastruktur, pertanian (lumbung pangan), pendidikan, kesehatan, dan sektor-sektor lain. Selaras dengan tema Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2017 bahwa “Indonesia Harus Kerja Bersama”.

Apalagi 2018, Pemprov punya target besar. Sasaran makro pembangunan Sumsel harus bisa memacu pertumbuhan ekonomi di level 5,54 persen. Sedangkan di semester I, 2017 Sumsel hanya mampu growth 5,19 persen.

Lalu Indeks Gini ditarget 0,34, inflasi 4 persen, IPM (Indeks Pembangunan Manusia) 69,26 dari 2016 sebesar 68,24. Penduduk miskin dan pengangguran terbuka masing-masing turun 12,87 persen dan 3,70 persen.

Nah, untuk mencapai itu, Gubernur Ir H Alex Noerdin menjelaskan pembangunan Sumsel tak hanya terpusat di Kota Palembang, tapi harus merata ke seluruh daerah.

“Ke-17 kabupaten/kota kita bangun. Sebab 2018 mempunyai posisi strategis karena tahun terakhir pelaksanaan Rencana Pembangungan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018. Visi yang harus diupayakan bersama adalah Sumatera Selatan Sejahtera, Lebih Maju, dan Berdaya Saing Internasional,” ujar Alex.

Kata Alex, dalam pelaksanaannya perlu dukungan seluruh pemda memajukan daerah masing-masing. Baik itu menggunakan dana APBD kabupaten/kota, sharing dengan provinsi, maupun APBN.

“Jika pemda bersinergi, maka target RPJMD bukan suatu yang sulit. Momentum semangat itu bisa kita kuatkan kembali pada Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus,” terangnya.

Provinsi Sumatera Selatan tak bisa kerja sendiri dalam membangun dan memajukan daerah. Butuh dukungan seluruh kabupaten/kota dan sharing bersama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News