Astronom: Bintang Raksasa Tentukan Evolusi Galaksi

Astronom: Bintang Raksasa Tentukan Evolusi Galaksi
Astronom: Bintang Raksasa Tentukan Evolusi Galaksi
AMSTERDAM - Para astronom menemukan bintang-bintang dengan massa paling cerah ternyata tidak hidup sendirian.  Hampir tiga perempat dari bintang-bintang yang ditemukan memiliki sebuah bintang sebagai teman dekat, jauh lebih dari yang diperkirakan sebelumnya. Hasil pengamatan ini diterbitkan dalam jurnal Science edisi 27 Juli 2012.

"Anehnya sebagian besar pasangan ini interaksinya saling mengganggu, seperti adanya perpindahan massa dari satu bintang ke yang lain (saling memakan). Dan sekitar sepertiganya bahkan akhirnya bergabung dan membentuk sebuah bintang tunggal," ujar Hugues Sana astronom Universitas Amsterdam, Belanda seperti dilansir sciencedaily.

Studi baru menggunakan Teleskop European Southern Observatory Very Large (VLT) juga menunjukkan bahwa bintang-bintang yang paling sangat cerah merupakan pendorong terjadinya evolusi galaksi.

Menurutnya, alam semesta tempat yang beragam, dan banyak bintang yang tidak seperti Matahari. Karenanya, sebuah tim internasional dengan menggunakan VLT mempelajari bintang-bintang yang dikenal tipe-O , yang memiliki suhu , massa dan kecerahan yang sangat tinggi.Bintang-bintang ini memiliki kehidupan pendek, karena memainkan peran kunci dalam evolusi galaksi.

AMSTERDAM - Para astronom menemukan bintang-bintang dengan massa paling cerah ternyata tidak hidup sendirian.  Hampir tiga perempat dari bintang-bintang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News