Asyik, Tol Brexit-Pemalang Sudah Siap Digunakan Pemudik

Asyik, Tol Brexit-Pemalang Sudah Siap Digunakan Pemudik
Gerbang Tol Brebes Timur atau Brexit. Foto: radartegal.com

jpnn.com, TEGAL - Ruas jalan Tol Pejagan-Pemalang dipastikan dapat dilalui pemudik secara fungsional pada H-10 lebaran. Saat ini, kondisi jalan sepanjang Brebes Timur hingga Pemalang itu sudah berupa lean concrete (beton tipis) dan tinggal melakukan penyambungan jembatan.

Kasat Lantas Polres Tegal AKP Yoppy Anggi Khrisna mengatakan, ruas tol Pejagan Pemalang sekarang sudah berbentuk beton lean concrete setebal 10 sentimeter. Kondisi itu sudah bisa dilalui kendaraan pemudik.

"Tinggal jembatan-jembatan saja, jadi H-10 Lebaran sudah siap secara fungsional," kata Yoppy sebagaimana diberitakan radartegal.com.

Menurut Yoppy, nantinya di wilayah KabupatenTegal ada tiga pentu keluar tol (exit) yang disiapkan untuk mengantisipasi kemacetan. Yakni di Ujungrusi di Kecamatan Adiwerna, Balamoa di Kecamatan Pangkah, dan Warureja di Kecamatan Warureja.

Ketiga exit tol itu akan dioperasikan dengan sistem buka tutup tergantung pada kondisi arus di dalam tol. "Sistemnya buka tutup melihat situasi dan kondisi. Kalau tidak ada antrean hingga ke Sewaka (Pemalang), atau Gringsing (Batang), exit ditutup," jelasnya.

Yoppy menambahkan, ada potensi kemacetan jika pintu keluar tol dibuka terus. Jika terpaksa dibuka, polisi harus mengantisipasi potensi kemacetan yang bisa timbul di ruas jalan pantura atau jalan kabupaten yang menuju ke Kota Tegal.

"Ujungrusi nanti arahnya ke Tirus. Di situ ada perlintasan kereta api. Kemudian ketemunya juga nanti di perempatan Maya. Kalau Balamoa, potensi macetnya di Pasar Kemantran, dan Purin," tuturnya.

Menurut Yoppy, rekayasa lalu lintas akan diberlakukan pada kendaraan yang keluar melalui exit tol Ujungrusi, lanjut menuju Jalan Raya 2. Sedangkan selepas exit Balamoa, kendaraan bisa melalui ruas Jalan Balamoa-Kemantran-Larangan tembus jalur pantura.

Ruas jalan Tol Pejagan-Pemalang dipastikan dapat dilalui pemudik secara fungsional pada H-10 lebaran. Saat ini, kondisi jalan sepanjang Brebes Timur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News