Atasi Masalah Ketombe dengan Cara Sederhana ini

Atasi Masalah Ketombe dengan Cara Sederhana ini
Ilustrasi ketombe. Foto: salamati

jpnn.com - Ketombe merupakan gangguan pada kulit kepala, ditandai dengan kemunculan serpihan putih yang mengelupas dari kulit kepala. Serpihan ini terdiri dari sel-sel kulit mati yang mengelupas sebelum waktunya, hingga terlihat mengotori rambut dan mungkin jatuh ke pakaian Anda.

Walaupun belum ada pengobatan khusus untuk masalah ketombe, Anda dapat mengurangi dan menghilangkan keluhan ketombe dengan beberapa cara yang praktis. Beberapa orang mendapatkan hasil yang baik setelah menggunakan sampo anti ketombe yang dijual bebas di pasaran.

Sampo jenis ini biasanya mengandung seng pyrithione, asam salisilat atau selenium sulfida, yang berfungsi memperkecil serpihan ketombe hingga kurang terlihat. Tak hanya itu, sering mencuci bahkan dengan sampo biasa juga dapat mengurangi ketombe.

Sebab, cara ini dapat mengurangi penumpukan minyak di kulit kepala. Tapi ingat, bilas sampo hingga bersih, ya. Karena sisa sampo yang menempel di rambut juga rentan menyebabkan masalah rambut lainnya, termasuk gatal dan ketombe.

Jika penyebab dari ketombe yaitu adanya peningkatan jumlah jamur pada kulit kepala, beberapa dokter merekomendasikan penggunaan sampo yang mengandung ketoconazole 1 persen untuk mengurangi ketombe.

Walaupun belum ada bukti yang dapat dipercaya, sampo yang diresepkan ini nyatanya dapat bekerja lebih baik daripada beragam sampo yang dijual di pasaran.

Kebanyakan orang tidak membutuhkan konsultasi dokter untuk menangani ketombe. Namun, jika rasa gatal meningkat dan ketombe tak kunjung hilang meski telah menggunakan sampo anti ketombe, atau jika terdapat peradangan (kulit kepala kemerahan dan bengkak) dan pengelupasan kulit yang parah terjadi, segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.(NP/RVS/klikdokter)


Kebanyakan orang tidak membutuhkan konsultasi dokter untuk menangani ketombe. Namun jika sudah sulit diatasi tak ada salahnya segera berkonsultasi ke dokter.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News