Awal Arus Balik, 8 Ribu Orang Diprediksi Masuk Batam

Awal Arus Balik, 8 Ribu Orang Diprediksi Masuk Batam
Arus balik mulai tampak di Bandara Hang Nadim, Rabu (28/6). Foto: batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Petugas Bandara Internasional Hang Nadim Batam mengatakan bahwa awal arus balik Idulfitri 1438 Hijriah mulai Rabu (28/6) kemarin.

Mereka memperkirakan jumlah arus balik sebanyak 8 ribu orang.

"Kami perkirkan akan terjadi penurunan arus balik, tak seperti tahun lalu," kata General Manager Operasional Hang Nadim Batam, Suwarso, Rabu (28/6).

 Dia mengatakan pada arus balik tahun lalu, jumlah penumpang datang lebih banyak dibandingkan yang berangkat saat arus mudik. Hal ini disebabkan saat arus balik, kebanyakan membawa keluarga atau teman mereka ke Batam.

"Gak terjadi lagi (tahun ini,red), malah jumlahnya lebih turun dibandingkan arus mudik," tuturnya.

Hal ini disebabkan oleh goyahnya perekonomian Batam. Dimana sebelumnya saat arus mudik, Suwarso menanyai beberapa orang."Pada waktu arus mudik kemarin, dari 10 orang saya tanyakan. 3 orangnya tak lagi kembali ke Batam," ucap Suwarso.

Arus balik diprediksi Suwarso mulai terjadi pada Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7). Hal ini disebabkan Senin (3/6) beberapa instansi sudah mulai efektif kembali bekerja. "Hari ini belum terlalu banyak lah," tuturnya.

Sementara itu dari catatan Suwarso selama arus mudik Idul Fitri 1438 Hijriah, sebanyak 107.559 orang yang meninggalkan Batam

Petugas Bandara Internasional Hang Nadim Batam mengatakan bahwa awal arus balik Idulfitri 1438 Hijriah mulai Rabu (28/6) kemarin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News