Awas! Debu Beterbangan di Tol Solo-Kertosono

Awas! Debu Beterbangan di Tol Solo-Kertosono
Kondisi jalan tol fungsional Solo–Kertosono, tepatnya di Dusun Kedunggabus, Desa Bandarkedungmulyo, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, dipenuhi debu. Foto: Ainul Hafidz/Radar Jombang

jpnn.com, JOMBANG - Sejak resmi difungsikan Senin (19/6) kemarin, ruas jalan tol Solo–Kertosono (Soker) wilayah Bandarkedungmulyo, Jombang mulai banyak dilintasi kendaraan.

Sayang, karena masih baru dan sisi kakan serta kiri jalan masih berupa tanah, di jalan tersebut pun banyak debu beterbangan. "Memang benar, di sana banyak debu karena lebih banyak tanah. Kanan dan kiri jalan masih berupa tanah,’’ ujar Indra Rismawansyah, PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) Soker II, saat dihubungi melalui sambungan seluler.

Dia mengakui, setelah resmi difungsikan Senin lalu (19/6), cukup banyak kendaraan yang melintas di ruas jalan tersebut. Akibatnya, debu yang beterbangan di sekitar jalan itu tak terelakkan. Puncaknya terjadi saat siang. Debu yang tersapu angin beterbangan sehingga jarak pandang pemudik sedikit terganggu.

’’Makanya, mulai keluar ruas Moker seksi IV, kami pasang rambu agar kecepatan kendaraan dikurangi supaya debu tidak semakin banyak. Kasihan kendaraan paling belakang, pasti tertutup debu,’’ terangnya.

Untuk sementara, tambah Indra, sudah dipersiapkan penanganan berupa penyiraman, baik di jalan tol fungsional maupun tanah sisi kanan dan kiri jalan. Namun, penyiraman tidak dilakukan setiap waktu, hanya waktu tertentu.

Alasannya, jika penyiraman dilakukan setiap jam, dikhawatirkan lalu lintas akan terganggu. ’’Memang benar, paling banyak saat siang. Tapi, penyiraman sudah kami lakukan pagi dan sore. Jadi, sudah adatangki yang disiapkan di lokasi,’’ ungkapnya.

Selain debu yang beterbangan, pemudik harus mengurangi kecepatan kendaraan karena ruas jalan itu menyeberangi tiga jembatan. Masing-masing dua jembatan bailey dan jembatan Sungai Brantas. Yang paling terlihat tentu saat melintasi jembatan Sungai Brantas. Kondisi jalan menanjak mulai persimpangan jalan desa hingga masuk ke jembatan tersebut.

Itu menjadi titik rawan karena ruas jalan fungsional Soker tak begitu lebar, hanya sekitar 4,5 meter. Kendaraan yang melintas pun tak bisa saling mendahului alias harus beriringan. Untung, persimpangan jalan desa saat ini dijaga sedikitnya empat petugas.

Sejak resmi difungsikan Senin (19/6) kemarin, ruas jalan tol Solo–Kertosono (Soker) wilayah Bandarkedungmulyo, Jombang mulai banyak dilintasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News