Piala AFF 2018

Awas, Indonesia! Bomber Thailand Ini Sangat Ganas

Awas, Indonesia! Bomber Thailand Ini Sangat Ganas
Adisak Kraisorn berkacak pinggang. Foto: Chandra Satwika/Jawa Pos

jpnn.com, BANGKOK - Piala AFF 2018 bak menjadi ajang pelampiasan buat Adisak Kraisorn. Maklum, dalam dua edisi terakhir (2016 dan 2014) dia gagal berpartisipasi karena cedera.

Nah, laga melawan Timor Leste di matchday pertama Grup B pekan lalu (9/11), menjadi panggung Adisak untuk melampiaskan dahaga bermain di Piala AFF. Gawang Timor Leste dibobol enam kali oleh bomber 27 tahun itu. Adisak pun langsung melesat sebagai top scorer sementara Piala AFF 2018.

Begitu ganasnya teror dari predator Thailand ini, Bima Sakti selaku pelatih timnas Indonesia meminta pemainnya untuk memberi perhatian khusus. "Saya sudah bilang ke pemain belakang Adisak itu sangat berbahaya. Intinya, komunikasi lini belakang harus bagus untuk menghentikannya,’’ ungkapnya.

Adisak memang belum pernah bertemu Indonesia di Piala AFF. Namun, bomber Muangthong United ini, sudah dua kali bertemua Indonesia di ajang SEA Games. Tepatnya, pada fase grup SEA Games 2011 dan 2013.

Dari dua pertemuan itu, Adisak sudah melesakkan satu gol. Yakni, kala Thailand membantai Indonesia 4-1 di Yangon pada 12 Desember 2013. Begitu ganasnya Adisak, dan rekor pertemuan yang tak memihak kepada timnas, Bima pun realistis soal target timnya malam nanti. Bima hanya mematok target seri.

Kondisi timnas juga tidak sebugar Thailand. Skuat Garuda sudah menjalani dua laga di babak Penyisihan Grup B. Bandingkan dengan Thailand yang sudah beristirahat selama delapan hari karena baru menjalani satu pertandingan.

Bima juga tak mau bereksperimen. Eks gelandang timnas itu bakal menurunkan enam pemain seniornya malam nanti. Dalam pantauan Jawa Pos pada latihan terakhir kemarin, pemain seperti Riko Simanjuntak, Andik Vermansah, Fachruddin Aryanto, Stefano Lilipaly, Alberto Goncalves dan kiper Andritany Ardhiyasa akan dimainkan bebarengan.

Bima ingin pengalaman kelima pemain tersebut bisa diandalkan untuk mengatasi tekanan dari tuan rumah. Khusus Riko dan Andik, keduanya memang bermain apik ketika Indonesia menang lawan Timor Leste (13/11). Terutama Riko yang jadi supersub. Masuk di menit ke-56 menggantikan Febri Haryadi, pemain Persija Jakarta itu punya peran atas terciptanya gol terakhir dari Beto di menit ke-82.

Penyerang Thailand Adisak Kraisorn mencetak enam gol ke gawang Timor Leste di laga perdana Piala AFF 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News