Awas, Ini Potensi Titik Macet di Tol Gratis Pejagan-Pemalang

Awas, Ini Potensi Titik Macet di Tol Gratis Pejagan-Pemalang
Salah satu gerbang tol ruas Pejagan-Pemalang di Kalimati, Kecamatan Adiwerna, Tegal. Foto: radartegal.com

jpnn.com, TEGAL - Jalan tol ruas Pejagan-Pemalang Seksi III dan IV dipastikan sudah bisa dioperasionalkan pada arus mudik Lebaran nanti. PT Pejagan-Pemalang Tol Road (PPTR) sebagai operator dan pengelola jalan bebas hambatan sepanjang 37 kilometer itu pun sudah memetakan potensi titik kemacetan.

Direktur PT PPTR Sapto Santoso mengatakan, titik macet kemungkinan ada di gerbang tol (GT) Kertasari, Kecamatan Suradadi di Kabupaten Tegal. "Kemungkinan titik rawan macet di seksi tiga dan empat ada di KM 294. Tepatnya di gate tol Kertasari," katanya seperti diberitakan radartegal.com, Rabu (30/5).

Sapto menjelaskan, potensi kemacetan itu diakibatkan GT Kertasari merupakan pintu terakhir pembayaran setelah Brebes Timur (Brexit). Kendaraan dari arah Brebes akan keluar melalui gerbang tol itu.

"Nanti kami akan antisipasi di gardu itu, supaya kendaraan tidak menumpuk. Ada 13 gardu di situ yang menyesuaikan space jalan," ujar Sapto.

Menurutnya, meski ‎lokasi GT Kertasari ada di wilayah Kabupaten Tegal, namun para penggunanya tak akan dipungut biaya. "Pembayarannya masih menggunakan tarif Palimanan-Brexit," tuturnya.

Selain itu, PT PPTR juga menyiapkan fasilitas rest area di sisi utara tol itu. Yakni di KM 275 Penarukan, Kecamatan Adiwerna, dan KM 287 Lebeteng di Kecamatan Tarub.

Sedangkan untuk rest area di sisi selatan tol ada di KM 282 Cacaban, Kecamaan Kedungbanteng. "Kalau di sebelah selatan jalan itu untuk arus balik," terang Sapto.

Dia memastikan ketiga rest area tersebut sudah dilengkapi fasilitas umum seperti musala, toilet, SPBU non-permanen, tempat istirahat, bengkel dan tempat parkir yang cukup luas. Sapto juga memastikan tol itu pada H-10 Lebaran sudah bebas dari pekerja proyek karena seluruh pekerjaan sudah selesai.

Jalan tol Pejagan-Pemalang yang akan difungsikan secara gratis untuk mudik Lebaran mendatang memiliki potensi titik kemacetan yang harus diantisipasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News