Ayah Ungkap Penyebab Jendi Panggabean Kehilangan Kaki Kiri

Ayah Ungkap Penyebab Jendi Panggabean Kehilangan Kaki Kiri
Jendi Panggabean menunjukkan medali yang dikalungkan langsung oleh Menpora. Foto: Humas Kemenpora

jpnn.com, PALEMBANG - Jendi Panggabean, atlet renang berprestasi di ajang Asian Para Games 2018 merupakan sosok yang penuh semangat. Bahkan dia menjadi tulang punggung keluarganya. Hal itu diungkapkan langsung oleh sang ayah, Akmal Yasudaya.

"Jendi itu anak yang baik dan mampu membanggakan orang tua serta keluarga meskipun memiliki kekurangan fisik," ujar dia.

Cerita Akmal, Jendi kehilangan kaki kiri karena kecelakaan. Musibah itu dialami putranya saat masih duduk di bangku sekolah dasar (SD).

Dia dan keluarga selalu memberikan semangat. "Alhamdulillah, Jendi orang yang tidak minder sehingga terus berusaha dan memang dia senang berenang," ungkapnya. Ketika SMA, Jendi bersekolah di SMA Karya ibu yang memang untuk anak difabel.

Kemampuan renang Jendi dibina oleh NPC. "Alhamdulillah meskipun dengan kekurangan, anakku itu bisa berprestasi. Dia membanggakan tiga saudaranya, terutama saya dan ibunya sebagai orang tua dia," bebernya.

Bagi warga Desa Sugih Waras, Kecamatan Rambang Muara Enim itu, Jendi sudah memberikan motivasi. Terutama kepada generasi muda. "Dengan kekurangannya saja dia bisa berprestasi, apalagi yang normal," imbuh Akmal.

Prestasi Jendi tak hanya mengangkat harkatnya, tapi juga martabat keluarga. "Saya hanya penyadap karet. Tapi dengan ini, sangat bangga jadinya, Semoga Jendi bisa terus berprestasi," tutur dia.

Dengan segala kesibukan Jendi yang harus menjalani pemusatan latihan, dia dan keluarga memang jarang bertemu putra mereka satu itu. Namun, komunikasi jalan terus.

Jendi Panggabean, atlet renang yang menorehkan prestasi di ajang Asian Para Games 2018, merupakan sosok yang tidak pernah minder.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News