Bahtiar: Dana Merupakan Hal Vital dalam Partai Politik

Bahtiar: Dana Merupakan Hal Vital dalam Partai Politik
Dr Bahtiar di acara Forum Dialog antara pemerintah dengan partai politik (parpol) dan DPRD di Hotel Marbella Anyer,Banten, Kamis (2/2). Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, ANYER - Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Polpum Kemendagri, Dr Bahtiar, M.Si, mengatakan, ketersediaan dana dalam partai politik merupakan hal yang vital.

“Ketersediaan dana partai politik tidak hanya diperlukan untuk membiayai kampanye pada masa pemilu, tetapi juga untuk membiayai kegiatan partai politik sepanjang tahun,” ujar Bahtiar di acara Forum Dialog antara pemerintah dengan partai politik (parpol) dan DPRD di Hotel Marbella Anyer,Banten, Kamis (2/2).

Acara yang digelar Direktorat Politik Dalam Negeri Kemendagri ini bertema Pentingnya Penataan Kenaikan Banpol dan Verifikasi Kelengkapan Administrasi Laporan Pertanggungjawaban dalam Rangka Terciptanya Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Bantuan Keuangan Partai Politik.

Dalam kegiatan tersebut hadir narasumber utama Prof. Lili dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan August Melast, Direktur Sindikasi Pemilu dan Demokrasi.

Dalam kesempatan tersebut, Dr Bahtiar, M.Si, menyampaikan peran dan fungsi partai politik dalam mengelola keuangan partai politik.

Menurut Bahtiar, partai politik memiliki peran fundamental dalam masyarakat demokrasi karena mereka menjadi aspirasi antara masyarakat dan pemerintah.

“Sebagai organisasi yang hidup di tengah masyarakat, partai politik menyerap, merumuskan, dan mengagregasi kepentingan masyarakat,” katanya.

Sedangkan sebagai organisasi yang menempatkan kader-kademya di lembaga legeslatif maupun eksekutif, partai politik menyampaikan dan memperjuangkan kepentingan masyarakat untuk dibuat kebijakannya oleh pemerintah.

Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Polpum Bahtiar mengatakan, ketersediaan dana partai politik merupakan hal vital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News