Bakal Ada Teatrikal Rutin tentang Perjuangan

Bakal Ada Teatrikal Rutin tentang Perjuangan
Salah satu adegan yang ditampilkan dalam drama teatrikal. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Komunitas Roodebrug Soerabaia akan menyajikan teatrikal secara rutin di Tugu Pahlawan tiap dua minggu sekali. Sehingga tidak perlu menunggu peringatan Hari Pahlawan. Seperti yang terlihat kemarin (18/11), para penghobi sejarah menyajikan tema Teritori Suci.

Pementasan yang digelar pada minggu kedua dan keempat dimulai pukul 08.00 dan 09.00. Salah seorang anggota senior Komunitas Roodebrug Soerabaia Hari Sasongko menjelaskan, tema drama yang digelar selalu berbeda setiap pementasan. Dalam tema kemarin, Teritori Suci menceritakan tentang peperangan warga Surabaya dengan sekutu (Inggris). 

Diceritakan pada waktu itu Indonesia mendapatkan kabar kekalahan Jepang. Warga Surabaya diminta tidak melawan. Akan tetapi, atas arahan Gubernur Suryo, mereka tetap melawan. Mereka berani melawan karena ada beberapa warga negara Indonesia yang pernah diajari tembak-menembak oleh Jepang. Jadi, saat Jepang melemah, mereka mengambil alih senjatanya. 

Teatrikal itu disajikan dengan apik. Menggunakan ornamen yang mendukung jalan cerita. Mulai pakaian yang digunakan sampai suara gaduh peperangan yang diselingi petasan yang bersahut-sahutan. Asap berwarna merah juga sesekali muncul saat adegan peperangan.

Hari menceritakan, untuk sekali tampil, tak butuh waktu lama berlatih. Cukup dua kali latihan mendekati hari H. Kadang mereka tak perlu berlatih, tetapi hanya menonton lewat Youtube. (fit/c17/eko)

Teatrikal itu disajikan dengan apik. Menggunakan ornamen yang mendukung jalan cerita. Mulai pakaian yang digunakan sampai suara gaduh peperangan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News