Bakin Soda Efektif Hilangkan Pestisida dari Buah dan Sayuran

Bakin Soda Efektif Hilangkan Pestisida dari Buah dan Sayuran
Baking soda. Foto: Ilustrasi

jpnn.com, JAKARTA - Mencuci buah dan sayuran Anda di bawah air mengalir mungkin merupakan proses yang bisa dibenarkan untuk membersihkan kotoran.

Membilas buah dan sayuran di bawah air minum bersih dan kemudian menggunakan handuk kain atau handuk kertas untuk membersihkannya adalah cara efektif untuk meminimalkan tingkat pestisida.

Namun, penelitian terbaru memberi kita cara yang lebih baik untuk melakukannya.

Cairan baking jadi solusi sempurna untuk membilas buah dan sayuran, seperti diungkap sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa mencuci apel Anda dalam larutan air dan baking selama 12 menit-15 menit bisa menghilangkan pestisida, bahkan yang mulai merembes di bawah permukaan buah, sebesar 80-90 persen.

Di rumah, cara paling sederhana untuk mencuci adalah dengan air keran, tapi mereka juga menemukan bahwa membersihakan hanya dengan air keran tidak begitu efektif.

"Untuk mengurangi paparan pestisida lebih lanjut, sebaiknya tambahkan sedikit soda kue," kata penulis studi Lili He, seperti dilansir laman India Times, Minggu (8/4).

Inilah cara menggunakan baking soda dan air:

Baking powder mungkin solusi terbaik menghilangkan pestisida dari buah dan sayuran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News