Bali, Favorit Wisman Asal Tiongkok

Bali, Favorit Wisman Asal Tiongkok
Menteri Pariwisata Arief Yahya. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - BALI – Pulau Dewata Bali makin kuat menjadi top of mind dan destinasi  favorit bagi wisatawan asal Tiongkok.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya membenarkan, ada 85 persen wisman asal Negeri Tirai Bambu itu memilih Bali sebagai objek wisata. Sisanya, 15 persen, tersebar ke Jakarta, Manado, Singkawang, Batam dan Jawa Tengah.

“Tentu, ini terkait dengan 3 greaters yang sejak awal kita promosikan gencar di China (Tiongkok, red),” kata Arief Yahya.

Sejak setahun terakhir, menurut Arief Yahya, dirinya meluncurkan konsep 3 greater, yakni Great Bali, Great Jakarta dan Great Batam.

Ia menjelaskan alasan dipilih tiga wilayah tersebut. Menurutnya, selama ini wisawatan mancanegara yang berkunjung di Indonesia, 40 persen ke Bali, 30 persen ke Jakarta dan 20 persen ke Batam-Bintan.

“Saya selalu memulai dari akhir. Selama ini 90 persen wisman itu masuk melalui 3 pintu utama itu. Karena itu kita buat 3 greater tersebut,” papar peraih Marketeer of The Year 2013 oleh MarkPlus itu.

Promosi pun disesuaikan dengan tiga destinasi itu. Begitu pun, originasinya, berdasarkan pada data kunjungan yang sudah ada. Lima besar originasi ada di Singapore, Malaysia, Tiongkok, Australia dan Jepang.

Dari lima besar itu, Tiongkok termasuk yang dinilai memiliki proyeksi yang sangat besar, karena tahun 2014 saja, jumlah outbond, atau orang China yang bepergian ke luar negeri untuk wisata itu sudah lebih dari 100 juta orang.

BALI – Pulau Dewata Bali makin kuat menjadi top of mind dan destinasi  favorit bagi wisatawan asal Tiongkok. Menteri Pariwisata (Menpar)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News