Balsam, Tol Pertama di Kalimantan Ditarget Beroperasi Mei

Balsam, Tol Pertama di Kalimantan Ditarget Beroperasi Mei
Jalan Tol Balikpapan - Samarinda alias Tol Balsam yang terus dikejar penyelesaiannya. Foto: DOKUMEN/KALTIM POST

jpnn.com, JAKARTA - Tol Balikpapan – Samarinda alias Balsam ditargetkan bisa beroperasi secara fungsional pada Mei bulan depan. Tol Balsam merupakan tol pertama di wilayah Kalimantan.

Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) S.T.H Saragi mengatakan, keyakinan tersebut didukung oleh progress di lapangan. Di mana pembebasan lahan pada Jalan Tol Balikpapan-Samarinda secara kumulatif (Seksi 1-5) sudah mencapai 98,77%. Sementara itu, perkembangan pekerjaan konstruksi secara kumulatif telah mencapai 84,99%.

Dengan perkembangan tersebut, pihaknya optimis Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 2, 3, dan 4A dapat beroperasi secara fungsional pada Mei 2019. “Untuk keseluruhan Seksi, ditargetkan beroperasi penuh pada Juli 2019,” ujarnya kepada wartawan.

Saragi menambahkan, bereporasinya tol yang menghubungkan dua kota terbesar di Kalimantan Timur itu akan mendukung arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Selain menambah alternatif jalan, kehadiran Tol dapat memangkas total perjalanan di antara kedua kota tersebut.

Saat ini, jarak tempuh dari Balikpapan ke Samarinda atau sebaliknya mencapai 150 Km melalui jalan nasional. Nantinya dengan melintasi Jalan Tol Balikpapan-Samarinda kurang lebih hanya 100 Km. Selain efisiensi jarak, juga akan terjadi efisiensi waktu perjalanan.

Saat ini, waktu tempuh antara Balikpapan dan Samarinda menghabiskan waktu hingga 3 sampai 4 jam. Ke depan, waktu tempuh tersebut dapat dipersingkat menjadi hanya 1 jam melalui Jalan Tol. Dengan demikian, mobilitas orang dan barang akan lebih efisien.

Saragi mengakui, ada sejumlah tantangan dalam pengerjaan proyek jalan tol selama ini. Khususnya terkait pembebasan lahan. Namun pihaknya optimis jalan tol ini akan selesai tepat waktu. “Kami secara berkala menjalin koordinasi dengan kontraktor untuk meningkatkan kapasitas produksi harian untuk mengejar target mingguan,” imbuhnya.

BACA JUGA: Baca ! Ada Kabar Gembira Terkait Honor GTT dan PTT

Tol Balsam alias Balikpapan Samarinda ditargetkan bisa beroperasi secara fungsional pada Mei 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News