Bamsoet: Indonesia Sukses Melaksanakan Pemilu Damai

Bamsoet: Indonesia Sukses Melaksanakan Pemilu Damai
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo setelah mencoblos. Foto: DPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan pesta demokrasi Pemilu 2019 yang digelar 17 April berlangsung dengan sukses, aman dan damai. Partisipasi masyarakat yang datang ke tempat pemungutan suara (TPS) juga meningkat. "Lebih dari 85 persen," tegas Bamsoet di gedung DPR, Jakarta, Rabu (8/5).

Mantan ketua Komisi III DPR itu mengatakan bahwa dunia mencatat untuk kesekian kalinya Indonesia suskes melaksanakan pemilu secara damai. "Indonesia masuk dalam barisan negara-negara yang matang dalam berdemokrasi," kata politikus Partai Golkar, itu.

Soal banyaknya petugas yang meninggal, Bamsoet mengaku prihatin dan menyatakan belasungkawa yang dalam. "Harus segera cari tahu penyebab dan solusinya," tegasnya.

Sebab, lanjut dia, bukan hanya di Pemilu 2019 ini saja yang memakan banyak korban petugas penyelenggara. Saat Pemilu 2014 yang tidak serumit sekarang jumlah kematian petugas kelompo penyelenggara pemungutan suara (KPPS) juga ada.

"Berdasarkan data KPU yang meninggal mencapai 144 orang dan tanpa santunan," ungkapnya.(boy/jpnn)


Bamsoet mengatakan pesta demokrasi Pemilu 2019 yang digelar 17 April berlangsung dengan sukses, aman dan damai. Partisipasi masyarakat yang datang ke tempat pemungutan suara (TPS) juga meningkat.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News