Bandara Internasional Yogyakarta Dipastikan Bakal Beroperasi Sebelum Lebaran

Bandara Internasional Yogyakarta Dipastikan Bakal Beroperasi Sebelum Lebaran
Ruang tunggu penumpang di Yogyakarta Internasional Airport (YIA). Foto: GUNTUR AGA TIRTANA/RADAR JOGJA

jpnn.com, YOGYAKARTA - Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) dipastikan bakal segera beroperasi melayani penerbangan sebelum Idul Fitri.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ini memperkirakan peresmian YIA akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo pada pertengahan Mei 2019.

Mantan dirut AP II ini berharap dengan dioperasikannya YIA bisa mendukung Bandara Adisutjipto Yogyakarta yang saat ini sudah over capacity atau kelebihan kapasitas penumpang.

Terlebih tidak lama lagi sudah memasuki Idul Fitri.

“Jangka pendek kami harapkan lebaran yang selama ini kami cari slot ke Jogja susah, dengan adanya bandara ini slot penerbangan akan banyak dan akan membantu pergerakan dari Jakarta ke Jawa Tengah bagian selatan,” tutur Budi.

Terkait penerbangan internasional, Budi menjelaskan saat ini pengelola bandara dan pihak-pihak terkait masih memerlukan waktu untuk mempersiapkan semuanya.

Saat ini progres pembangunan YIA secara fisik di sisi darat telah mencapai 50 persen. YIA akan memiliki luas terminal 210.000 m2 dengan kapasitas penumpang sebanyak 14 juta penumpang/tahun.

Sementara di sisi udara, YIA memiliki runway atau landas pacu sepanjang 3.250 x 45 meter dengan 23 parking stand seluas 159.140 m2 dimana pada sisi udara saat ini progresnya telah 100 persen rampung. Nantinya YIA juga akan dilengkapi fasilitas sebanyak 10 unit garbarata.(chi/jpnn)


Presiden Joko Widodo diperkirakan akan hadir meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta pada bulan ini.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News