Bandara Sibisa Resmi Beroperasi, Akses Menuju Kawasan Wisata Danau Toba Makin Mudah

Bandara Sibisa Resmi Beroperasi, Akses Menuju Kawasan Wisata Danau Toba Makin Mudah
Penerbangan Avistar menandai kembali beroperasinya Bandara Sibisa di Kabupaten Tobasa. Bandara ini sangat dekat dengan Parapat dan resort The Kaldera. Foto: istimewa

jpnn.com, PARAPAT - Bandar Udara (bandara) Sibisa yang berada di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, resmi kembali beroperasi. Dengan beroperasinya bandara ini semakin mempermudah akses menuju kawasan wisata Danau Toba.

Penerbangan dilakukan maskapai Aviastar Airlines, dengan rute dari Bandara Binaka-Gunung Sitoli ke Bandara Sibisa, sekali seminggu. Penerbangan perdana dimulai Jumat (12/4).

“Alhamdullilah tadi (kemarin, Red) sudah dilakukan penerbangan perdana. Nanti penerbangan dengan maskapai Aviastar akan dilakukan sekali sepekan, yakni pada hari Jumat saja,” ungkap Direktur Utama (Dirut) Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo, kepada Sumut Pos, Jumat (12/4) petang.

Bandara Sibisa berada di Desa Pardamean, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir. Bandara dikembangkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dengan panjang landasan mencapai 1.200 x 30 meter, dari semula hanya 750×23 meter.

Adapun PT Aviastar Mandiri yang mengoperasikan pesawat Aviastar, adalah maskapai penerbangan domestik berjadwal yang berbasis di Jakarta Timur, Jakarta, Indonesia.

Bandara Sibisa juga akan melayani penerbangan untuk jet pribadi dan pesawat carteran. Kapasitas daya tampung bandara saat ini mencapai 100 orang.

Dengan kembali beroperasinya Bandara Sibisa, menurut Arie, membuat akses menuju Kawasan Danau Toba semakin dekat. “Saat ini pengelolaan Bandara Sibisa dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis Ditjen Perhubungan Udara. Kita berharap semakin banyak penerbangan yang akan masuk ke sini. Kita yakin pariwisata Danau Toba akan terus berkembang,” sebut Arie.

Bandara Sibisa cukup dekat dengan Kota Parapat. Hanya 20 menit lewat perjalanan darat. “Akses masuk dari jalan lintas juga sudah sangat mulus dan lebar,” jelas Arie.

Bandar Udara (bandara) Sibisa yang berada di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatra Utara, resmi kembali beroperasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News