Bandara Supadio Akhirnya Kembali Beroperasi

Bandara Supadio Akhirnya Kembali Beroperasi
Pesawat Lion Air penerbangan JT-714 yang tergelincir di Bandara Supadio. Foto beredar di medsos

jpnn.com, PONTIANAK - Runway Bandara Supadio Pontianak akhirnya kembali dibuka dan beroperasi normal untuk melayani penerbangan hari ini, Minggu (17/2).

Bandara Supadio sudah bisa beropetasi kembali mulai pukul 10.36 WIB. Pembukaan runway ini dilakukan setelah pesawat B737-800NG registrasi PK-LPS milik Lion Air yang kemarin tergelincir dan menutup runway sudah bisa dievakuasi.

"Pesawat sudah bisa dievakuasi dan ditarik dari runway ke parking stand 14 sehingga tidak mengganggu operasional penerbangan. Runway juga sudah dibersihkan dari benda-benda berbahaya bagi penerbangan, sisa dari kejadian kemarin. Dengan demikian runway sudah bisa digunakan kembali untuk penerbangan," ujar Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti dalam siaran persnya.

Polana juga mengingatkan maskapai dan bandara untuk memberikan pelayanan yang baik kepada penumpang. Baik yang ada di Bandara Supadio maupun bandara lain yang terdampak.

"Saya apresiasi kepada semua pihak seperti Lanud, KNKT, OBU, Operator Bandara (AP II) , maskapai dan kepada seluruh stakeholder yang sigap sehingga bandara dapat beroperasi kembali," tutur Polana.

Di samping itu, Polana juga mengingatkan semua stakeholder penerbangan untuk selalu patuh pada Surat Edaran Keselamatan Ditjen Perhubungan Udara bernomor SE 16 tahun 2017 tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap kondisi cuaca ekstrim.

Di sisi lain, Polana juga meminta penumpang untuk sabar dan maklum jika penerbangan ditunda akibat cuaca buruk, karena faktor keselamatan adalah yang utama.(chi/jpnn)


Pembukaan runway Bandara Supadio ini dilakukan setelah pesawat milik Lion Air yang kemarin tergelincir dan menutup runway akhirnya sudah bisa dievakuasi.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News