Bandara Wiriadinata Kini Semakin Modern

Bandara Wiriadinata Kini Semakin Modern
Bandara Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat. Foto: dok humas udara Kemenhub

jpnn.com, TASIKMALAYA - Bandara Wiriadinata yang terletak di kota Tasikmalaya kini terlihat megah dan modern setelah dikembangkan.

Sepanjang 2018, bandara yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan melalui Satuan Pelaksana dari UPBU Bandara Cakrabuwana  Cirebon ini dikembangkan dari sisi udara dan sisi darat.

Dari sisi udara, dilakukan perpanjangan runway dari 1200m menjadi 1600m, pembuatan taxiway baru berukuran 75 m x 23 m serta apron baru seluas 100 m x 80 m.

Sedangkan dari sisi darat, dibuat gedung terminal baru berukuran 1.100 m2 yang bisa menampung pergerakan 150 penumpang per hari.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti, pengembangan bandara ini untuk mengakomodasi antusiasme masyarakat  yang menggunakan jasa transportasi udara di Tasikmalaya dan daerah sekitarnya.

“Selama 2018, penumpang yang berangkat dari bandara ini sebanyak 22.496 penumpang menggunakan pesawat ATR 72 berkapasitas 72 kursi. Dengan demikian rata-rata tingkat keterisiannya mencapai 85 persen tiap hari," tutur Polana.

Dengan begitu, Bandara Wiriadinata siap mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah Jawa Barat bagian selatan seperti industri, pariwisata dan lainnya.

"Untuk itu sudah saatnya bandara dikembangkan, mengantisipasi pertumbuhan jumlah penumpang serta menjaga keselamatan, keamanan dan kenyamanannya tetap terjamin,” imbuh Polana.

Bandara Wiriadinata siap mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah Jawa Barat bagian selatan seperti industri, pariwisata dan lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News