Bandara Wiriadinata Rampung, Jokowi Bakal Perintahkan Garuda Terbang ke Tasik

Bandara Wiriadinata Rampung, Jokowi Bakal Perintahkan Garuda Terbang ke Tasik
Presiden Jokowi meresmikan Bandara Wiriadinata Tasikmalaya, Rabu (27/2). Foto: Biro Pers

jpnn.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan Bandara Wiriadinata, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat pada Rabu sore ( 27/2).

Usai menandatangani prasasti di bandara tersebut, Jokowi mengatakan akan menginstruksikan kepada maskapai Garuda Indonesia untuk menambah jadwal penerbangan dari dan ke Tasikmalaya melalui Bandara Wiriadinata.

"Nanti kita harapkan Maret ada tambahan flight lagi. Saya akan perintah lagi Garuda tambah satu (penerbangan) karena kelihatannya pasarnya menghendaki itu," ujar Jokowi kepada jurnalis.

Bandara tersebut semula berfungsi sebatas pangkalan udara operasional TNI. Belakangan, fasilitas tersebut dibuka untuk penerbangan komersial.

Pemerintah kemudian melakukan pengembangan bandara tersebut dengan menambah panjang landasan pacu hingga mencapai 1.600 meter dan membangun terminal khusus penumpang. Pengembangan tersebut diharapkan dapat memacu pertumbuhan pariwisata di Tasikmalaya dan sekitarnya.

Kepala Negara juga telah menerima usulan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menginginkan adanya rute perjalanan alternatif untuk menuju daerah tersebut dari Jakarta.

"Mungkin tadi, sesuai usulan Pak Gubernur, bisa saja yang satu lewat Bandung, Jakarta-Bandung-Tasik, Tasik-Bandung-Jakarta. Yang satu langsung. Mungkin itu," ungkapnya.

Tampak mendampingi Presiden pada peresmian bandara ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan Bandara Wiriadinata, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat pada Rabu sore ( 27/2).


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News