Bang Ara Memuji Kesetiaan Bu Sinta Wahid Menjaga Pancasila

Bang Ara Memuji Kesetiaan Bu Sinta Wahid Menjaga Pancasila
Acara buka puasa bersama Taruna Merah Putih yang mengundang ratusan anak yatim, Kamis (22/6). Foto: DPP TMP for JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sekitar 120 anak yatim terlihat gembira ketika mengikuti acara buka puasa bersama yang digelar DPP Taruna Merah Putih di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/6). Organisasi pimpinan Maruarar Sirait itu tak sekadar menggelar acara buka puasa bersama, tetapi juga menyediakan santunan bagi anak-anak yatim.

Acara itu juga dihadiri para aktivis mahasiswa. Antara lain Ketua Umum KAMMI Kartika Nur Rakhman, Ketua Umum PB HMI Mulyadi P Tamsir, Sekjen GMNI Pius Brio, Ketua Umum GMKI  Sahat Martin Philip Sinurat, Ketua Umum PMKRI Angelius Wake Kako, Ketua Umum Presidium Pusat HIKMAHBUDHI Sugiartana, hingga perwakilan DPP KMHDI dan DPP IMM. 

Sedangkan pembicara tunggal dalam buka puasa bersama TMP itu adalah Sinta Nuriyah Wahid. Istri mendiang KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu dalam ceramahnya mengajak semua pihak untuk benar-benar mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan nyata dan menjaga kebinekaan

“Bhinneka Tunggal Ika harus ditingkatkan terus di tengah-tengah  masyarakat karena negara kita sedang terombang ambing karena ada yang menggoyang nilai-nilai Pancasila. Karena itu, saya selalu mengajak peserta dalam setiap acara untuk menyanyikan lagu Indonesia raya,” katanya.

Lebih lanjut Sinta mengatakan, dirinya sekitar 17 tahun lalu menggagas sahur bersama dengan kelompok-kelompok yang termarginalkan. Di antaranya adalah kaum miskin kota dan para pemulung.

Dia pula mengajak tokoh-tokoh lintas agama mengikuti kegiatan itu sebagai bentuk rasa hormat dan cinta kasih kepada umat Islam. Dengan demikian umat Islam muslim bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik. “Inilah kebhinnekaan yang kita perjuangkan,” ungkap Sinta?

Sinta menambahkan, buka puasa bersama yang dihadiri ratusan orang dari berbagai kalangan itu juga menjadi bentuk upaya mengamalkan Pancasila.

“Buka bersama di TMP ini merupakan bukti nyata Persatuan Indonesia,” tuturnya.

Sekitar 120 anak yatim terlihat gembira ketika mengikuti acara buka puasa bersama yang digelar DPP Taruna Merah Putih di Menteng, Jakarta Pusat,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News