Jumat, 26 Mei 2017 – 14:25 WIB

Bang Ray Puji Langkah Cekatan NasDem Usung Kang Emil

Sabtu, 20 Mei 2017 – 17:17 WIB
Bang Ray Puji Langkah Cekatan NasDem Usung Kang Emil - JPNN.COM

Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti. Foto: dokumen JPNN.Com

SHARES

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ray Rangkuti menilai Partai NasDem telah membuat keputusan tepat karena sudah jauh-jauh hari memutuskan untuk mengusung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil alias Kang Emil pada Pilkada Jawa Barat 2018. Menurut Ray, partai politik lain semestinya mengikuti langkah cekatan NasDem.

"Saya kira ada hikmah dari langkah Partai NasDem bagi masyarakat. Ini merupakan pendidikan politik yang perlu ditiru partai-partai lain," ujar Ray kepada JPNN, Sabtu (20/5).

Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) itu menambahkan, partai-partai selama ini terkesan memiliki kecenderungan yang sama. Yaitu, mengumumkan pasangan bakal calon yang akan diusung pada detik-detik akhir masa pendaftaran. 

Akibatnya, masyarakat tidak memiliki banyak waktu untuk mengkaji secara mendalam siapa pasangan calon yang akan dipilih. Masyarakat terkesan dipaksa memilih salah satu pasangan, dari nama-nama yang mungkin saja selama ini tidak pernah memperhatikan kemaslahatan umat.

"Dari sisi pendidikan politik, langkah Nasdem penting dijadikan tradisi. Parpol sebaiknya menyiapkan kandidat jauh hari sebelum pemilihan. Supaya publik melakukan koreksi, pengawasan dan mencari tahu siapa kandidat yang ada," pungkas Ray.(gir/jpnn)

loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini