Bang Ray Setuju Pernyataan Grace PSI soal Partai Nasionalis Gadungan

Bang Ray Setuju Pernyataan Grace PSI soal Partai Nasionalis Gadungan
Ketua Umum PSI Grace Natalie di Festival 11 Yogyakarta. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ray Rangkuti menilai pernyataan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie soal partai nasionalis gadungan ada benarnya.

Sebelumnya, Grace melontarkan pernyataan itu lantaran banyak partai kerap melakukan korupsi dan pro dengan sikap intoleran.

"Pernyataan Grace itu ada benarnya. Banyak partai yang platformnya di tengah, tapi tak segan-segan mengusung Perda perda berdasar agama, mempergunakan isu identitas dan SARA dalam politik, dan sebagainya" kata Ray lewat keterangannya, Kamis (14/2).

Menurutnya, kritikan Grace wajar dan tepat. Sebab sebagian besar partai kini sudah tidak jelas identitasnya.

Mereka mengambil sikap semata-mata demi pertimbangan mengejar suara. "Bukan lagi alat memperkuat kebangsaan dan memastikan Indonesia yang toleran," lanjutnya.

Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) tersebut menilai biasa jika soal nasionalis gadungan tersebut dinilai menyinggung PDI Perjuangan yang belakangan kadernya di tangkap KPK. Menurutnya, tiap partai punya gaya sendiri untuk meraih suara di Pemilu 2019 yang ketat.

"PDIP dan PSI kan hanya ketemu dalam pencalonan Jokowi sebagai capres. Ya tak masalah dalam hal lain PSI mengkritik PDIP. Karena bagaimanapun, partai partai inilah yang menentukan nasibnya sendiri," tuturnya.

"Jadi mereka berjuang dengan cara mereka sendiri. Ya tak masalah, kalau pileg kan sendiri sendiri. Pilpres yang sama," terang Ray Rangkuti. (dil/jpnn)


Pengamat politik Ray Rangkuti menilai pernyataan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie soal partai nasionalis gadungan ada benarnya


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News