Bangun Museum Umrah agar Wisata Halal Banten Makin Bergairah

Bangun Museum Umrah agar Wisata Halal Banten Makin Bergairah
Para calon jemaah umrah sedang bermanasik. Foto: dokumen Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Berbagai cara terus dikembangkan untuk menggarap potensi pariwisata halal. Salah satunya adalah Provinsi Banten yang menjadi proyek percontohan sejumlah objek wisata halal karena memiliki potensi untuk dikembangkan di dunia pariwisata Indonesia.

Dalam rangka pengembangan wisata halal di Banten, organisasi Ittihadul Muballighin membangun Museum Umrah. Humas Ittihadul Muballighin M Yanvi Alex mengatakan, potensi pariwisata halal di Banten sangat besar.

“Oleh karena itu baik destinasi dan atraksi serta kuliner harus disiapkan secara matang. Kami juga bersyukur di Banten akan dibangun Museum Umrah. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri, semoga bisa cepat direalisasikan dan akan menjadi destinasi wisata yang sangat bagus,” ujar Alex usai Munas ke-8 DPP Ittihadul Muballighin sekaligus peringatan hari jadinya ke-40 di Hotel Kyriad Airport Jakarta, Sabtu (7/10).

Alex yang juga menjabat ketua Badan Otonom Lembaga Amil Zakat Ittihadul Muballighin (Lazim) mengatakan, pada munas yang juga didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu organisasinya meluncurkan Komite Umrah Haji & Industri Halal (KUHI). Nantinya, KUHI akan menjadi bisnis Ittihadul Muballighin secara nasional maupun internasional.

“Sesuai dengan arahan Kemenpar bahwa kita sama-sama bergerak untuk meningkatkan pendapatan maupun kunjungan wisatawan agar mampu mencapai target yang diharapkan. Dengan adanya KUHI ini minimum pengelola haji dan umroh dari Arab Saudi akan kita ajak untuk mengunjungi Indonesia,” tuturnya.

Lebih lanjut Alex mengatakan, dengan KUHI maka nantinya bisa membawa wisman khususnya dari negara-negara Timur Tengah untuk berlibur ke Indonesia. Destinasi halal pun sudah disiapkan untuk dipromosikan.

Selain itu, KUHI sedang menyiapkan wisata kuliner berupa program Indonesia Halal Food sebagai daya tarik untuk merangsang wisman muslim menyambangi Indonesia. Alex mengatakan, nantinya Lazim akan turut menggairahkan industri pariwisata dengan berbagai terobosan dan program yang sudah disusun dan direncanakan.

“Salah satunya adalah dengan mendirikan Museum Umrah. Rencananya museum tersebut akan segera didirikan dan berlokasi di wilayah Banten,” ucap Alex.

Kemenpar menganggap potensi kunjungan wisata halal ke Banten tergolong tinggi dan bisa membidik pangsa pasar Timur Tengah yang masih terbuka lebar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News