Banjir Dana Asing Tak Akan Dibatasi

Banjir Dana Asing Tak Akan Dibatasi
Banjir Dana Asing Tak Akan Dibatasi
JAKARTA - Dana asing terus membanjiri sistem keuangan Indonesia. Sepertinya, tren ini akan terus berlanjut. Dirjen Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Rahmat Waluyanto mengatakan, hingga saat ini, kebijakan pemerintah terhadap dana asing masih tetap, yakni tidak membatasi.

"Kita tidak akan mengeluarkan kebijakan-kebijkaan yang tidak ramah terhadap pasar,  misalnya pembatasan (dana asing)," ujarnya di Jakarta baru-baru ini.

Menurut Rahmat, pemerintah tidak mempermasalahkan volume dana asing yang masuk ke sistem keuangan Indonesia, salah satunya ke instrumen Surat Utang Negara (SUN). Yang penting, lanjut dia, fundamental perekonomian Indonesia kuat. "Sehingga, investor confidence (percaya diri). Asalkan confidence investor asing tinggi, itu tidak masalah," katanya.

Data Bank Indonesia (BI) menunjukkan, dana asing memang mengalir deras ke sistem keuangan Indonesia. Itu tecermin dari lonjakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) maupun dana di Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan SUN.

JAKARTA - Dana asing terus membanjiri sistem keuangan Indonesia. Sepertinya, tren ini akan terus berlanjut. Dirjen Pengelolaan Utang Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News