Banjir Mengadang, Kementan Tetap Siapkan Alsintan untuk Kabupaten Wajo

Banjir Mengadang, Kementan Tetap Siapkan Alsintan untuk Kabupaten Wajo
Alsintan untuk petani Bajo. Foto : Humas Kementan

jpnn.com, WAJO - Kementerian Pertanian (Kementan) telah menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) untuk Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan guna mensukseskan Program Selamatkan Lahan Rawa Untuk Kesejahteraan Petani (SERASI).

Bantuan Alsintan tersebut di antaranya traktor roda dua sebanyak 30 unit.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Wajo, Muhammad Ashar menjelaskan untuk mengoptimalkan penggunaan Alsintan tersebut, pihaknya telah membentuk brigade yang dikelola langsung oleh dinas pertanian.

BACA JUGA : Sikap Prada DP Saat Dihadirkan Dalam Ekspose Kasus Mutilasi Sang Pacar

 

Kondisi lahan pertanian di sekitar lokasi Program SERASI masih dalam kondisi banjir dan menunggu waktu olah tanah, sehingga 30 unit traktor roda dua tersebut belum bisa beroperasi.

"Bantuan Alsintan selain traktor roda dua ada juga excavator, sangat membantu kami dan petani tentunya untuk secepatnya mengolah lahan pertanian yang sebelumnya dilanda banjir. Jadi kerugian petani akibat banjir dapat diatasi cepat," kata Ashar di Wajo, Jumat (14/6).

Menurut dokumen Berita Acara Pemeriksaan Hasil Pekerjaan Bantuan Traktor Roda Dua antara penyedia dengan Dinas Pertanian Wajo, 30 unit traktor roda dua tersebut baru tiba dan diserah terimakan oleh penyedia pada 25 april 2019.

Bantuan alsintan dari Kementerian Pertanian diberikan ke petani Wajo untuk secepatnya mengolah lahan pertanian yang sebelumnya dilanda banjir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News