Bantah Ada Tekanan saat Lobi

Bantah Ada Tekanan saat Lobi
Bantah Ada Tekanan saat Lobi
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggunakan orang-orang kepercayaannya untuk melobi sejumlah tokoh nasional.  Dibalut silaturahmi politik, dua orang staf khusus SBY, Andi Arief dan Velix Wanggai, menemui ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga mantan ketua MPR-RI Amien Rais. Pertemuan berlangsung setengah jam di ruang tunggu Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, akhir pekan lalu (27/2).

Dalam tur silaturahmi politik itu, Andi dan Velix mengaku masalah Century menjadi bahan obrolan. “Kami tidak memungkiri bahwa dalam pertemuan dengan Pak Amien juga dibicarakan tentang penanganan kasus Century. Kepada empat tokoh yang kami ditemui, selalu disampaikan bahwa kebijakan bailout terhadap Bank Century merupakan langkah penyelamatan terhadap perbankan, karena terimbas krisis ekonomi global. Jadi, kebijakan bailout harus dilihat dalam konteks krisis. Oleh karena itu, otoritas moneter Bank Indonesia dan otoritas fiskal KSSK meletakkan dalam konteksnya. Kami juga menekankan kepada empat tokoh itu untuk melihatnya dalam konteks itu,” beber Velix di gedung Wantimpres, Jl Veteran, Jakarta.

Ada hasil kesepatakan dalam roadshow politik tersebut, seperti menyepakati bahwa harus diungkap yang benar itu benar dan yang salah juga harus ditunjukkan. “Siapa pun yang tersangkut dalam persoalan wewenang dan kekuasaan harus diproses secara hukum. Misalnya untuk penanganan penyalahgunaan keuangan di internal Bank Century harus dilakukan proses hukum dan diselesiakan dalam waktu singkat. Berikutnya aspek pengawasan Bank Indonesia harus disampaikan kepada publik. Terpenting ada pula amanat Presiden terkait ekonomi global. Arahan Presiden bagaimana kita memperoleh manajemen penanganan krisis,” cetus Velix.

Andi Arief mengatakan, saat berbicara dengan Pramono Anung (Sekjen DPP PDIP), Priyo Budi Santoso (Golkar), Akbar Tanjung (mantan ketua umum DPP Golkar), ahmad Syafii Maarif (mentan ketua PP Muhammadiyah), dan Amien Rais (mantan ketua MPR), bahasan yang dibicarakan tak bisa lepas dari situasi politik terkait Pansus Century. Informasi yang didapat staf khusus kepresidenan berbeda cara pandangnya dengan Tim Sembilan.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggunakan orang-orang kepercayaannya untuk melobi sejumlah tokoh nasional.  Dibalut silaturahmi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News