Banyak Bakteri Sudah Kebal Antibiotik

Banyak Bakteri Sudah Kebal Antibiotik
Banyak Bakteri Sudah Kebal Antibiotik
PENINGKATAN kasus infeksi resisten obat kian mengkhawatirkan bahkan ancamannya sebanding dengan pemanasan global. Kepala medis Inggris, Prof Dame Sally Davies mengatakan kian banyak bakteri yang menjadi resisten (kebal) terhadap obat-obatan yang ada sekarang dan hanya beberapa antibiotik yang mampu menggantikannya.   

Antibiotik telah menjadi salah satu kisah sukses terbesar dalam dunia kedokteran. Namun, seiring perkembangan medis, bakteri pun cepat beradaptasi dan menemukan cara baru untuk menghindari obat-obatan.

MRSA (Methicillin-resistant Staphylococcus aureus) merupakan salah satu bakteri yang dilaporkan mulai mengalami resisten utamanya untuk strain E. coli, tuberkulosis dan gonore. “Sudah jelas bahwa skenario kiamat selain pemanasan global dalam 20 tahun ke depan adalah karena tidak adanya antibiotik,” ujar Davies.

Terjadinya resistensi bakteri tersebut menurut Davies salah satunya karena adanya jeda dalam pembuatan antibiotik jenis baru. Penggunaan antibiotik jenis lama akan membuat bakteri tersebut beradaptasi dan kian kebal.

PENINGKATAN kasus infeksi resisten obat kian mengkhawatirkan bahkan ancamannya sebanding dengan pemanasan global. Kepala medis Inggris, Prof Dame

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News