Banyak Honorer K2 Tidak Lulus PPPK, Ini Tanggapan BKN

Banyak Honorer K2 Tidak Lulus PPPK, Ini Tanggapan BKN
Honorer K2 menjadi PPPK gaji setara PNS. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Diprediksikan banyak honorer K2 tidak lulus tes PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) meski lolos passing grade (PG). Hal ini lantaran kemampuan anggaran pemerintah daerah sangat terbatas.

Pasalnya, semakin banyak PPPK yang direkrut, otomatis dananya harus lebih besar.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, formasi PPPK yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sesuai usulan Pemda. Pemda juga mengajukan usulan sesuai kemampuannya menggaji PPPK.

"Kalau ada daerah yang tidak meluluskan peserta tes PPPK itu karena dananya terbatas. Jadi meski lolos PG, pemda tidak bisa meluluskan semua," terang Ridwan kepada JPNN, Selasa (2/4).

BACA JUGA: Boyolali dan Garut Belum ada Pengumuman Hasil Tes PPPK

Dia menyebutkan, sebagian besar usulan Pemda sesuai dengan jumlah peserta yang lolos PG. Itu karena daerahnya sudah menyiapkan anggaran.

"Jadi pusat menyerahkan semuanya kepada daerah. Kalau mereka mampu menggaji dan mengusulkan seluruh peserta PPPK yang lolos PG, tidak masalah," jelasnya.

Mengenai status peserta tes PPPK yang tidak lulus, Ridwan mengungkapkan dikembalikan ke daerah. Apakah masih tetap dipekerjakan atau tidak.

Formasi PPPK yang ditetapkan KemenPAN-RB sesuai usulan Pemda. Pemda juga mengajukan usulan sesuai kemampuannya menggaji PPPK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News