Banyak PNS Belum Gajian

Banyak PNS Belum Gajian
PNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Para PNS di wilayah Sulawesi Tenggara sedang diuji kesabarannya. Pasalnya, sebagian besar dari mereka belum gajian.

Jumlah PNS se Sulawesi Tenggara sebanyak 75.660 orang baik Pemprov Sultra maupun 17 kabupaten/kota yang ada di sana.

Daerah masih harus mengatur sistem penggajian dengan perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ini membuktikan bahwa Pemda belum siap dengan implementasi OPD baru itu.

Hingga tanggal 10 Januari, baru Pemprov Sultra yang mencairkan gaji pokok. Tunjangan belum ada yang dibayarkan.

Jumlah PNS Pemprov yang menerima gaji pokok baru sekira 7 ribuan orang. Sementara 9 ribu PNS yang dialihkan dari kabupaten/kota baik guru maupun tenaga administrasi dan pengawas sekolah, masih menunggu Surat Keterangan Pemberhentian Pembayaran (SKPP) gaji dari daerah asalnya.

Kepala Bidang Perbendaharaan BPKAD Sultra, H Muhammad Rita mengungkapkan, Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) gaji bulan Januari sudah bisa diproses, kemarin.

Hanya saja, belum semua pegawai bisa menerima gajinya. Untuk tenaga guru SMA-SMK, SLB maupun pegawai yang dialihkan ke provinsi, masih harus bersabar.

Surat Keterangan Pemberhentian Pembayaran (SKPP) gaji dari kabupaten/kota belum diajukan. Padahal SKPP menjadi acuan pemerintah mengajukan SP2D-nya.

Para PNS di wilayah Sulawesi Tenggara sedang diuji kesabarannya. Pasalnya, sebagian besar dari mereka belum gajian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News