Banyak Sarjana Menganggur Lantaran Incar Kursi PNS

Banyak Sarjana Menganggur Lantaran Incar Kursi PNS
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, MAKASSAR - Banyak sarjana menganggur lantaran mereka memilih – milih pekerjaan, salah satu profesi yang menjadi incaran adalah menjadi PNS. Sementara, kursi CPNS yang tersedia terbatas.

Data Badan Pusat Statistik per Agustus 2018 menunjukkan jumlah angkatan kerja di Sulsel mencapai 3.988.029. Dari jumlah tersebut ada 3.774.924 orang yang sudah bekerja. Artinya, jumlah pengangguran di Sulsel mencapai 215.105 orang.

Lulusan SD yang terserap menjadi tenaga kerja ada 1,6 juta orang. Rerata persentase untuk mereka yang lulusan SD ini hanya 1,91 persen atau 4.070 orang dari total pengangguran terbuka angkatan kerja.

Adapun lulusan SMP yang terserap ke beberapa perusahaan mencapai 609 ribu orang. Kemudian, SMA dan SMK yang terserap di dunia kerja 732 ribu orang. Mereka yang tidak terserap26.595 orang.

BACA JUGA: Guru Honorer: Dukung 02 Dipecat, Pilih 01 Malah Bebas

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulsel, Agustinus Appang tak mengingkari data tersebut. Menurutnya, minimnya lulusan universitas atau diploma serta SMK, dikarenakan terbatasnya lapangan kerja yang tersedia.

Terutama, untuk jajaran SMK dan lulusan perguruan tinggi. Menurutnya, tak semua jurusan yang ada di SMK sesuai dengan lamaran kerja yang tersedia. Padahal skill mereka sudah terbina dengan baik selama sekolah.

"Kami berharapnya SMK siap kerja, tetapi kenyataannya lain. Tak semua jurusan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini," ungkapnya kepada FAJAR (Jawa Pos Group).

Para sarjana banyak menganggur, diduga lantaran mereka mayoritas mengincar kursi PNS yang kuotanya terbatas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News