Barang Bekas Percantik Kota

Barang Bekas Percantik Kota
Barang-barang bekas yang mempercantik tampilan kota Surabaya. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Apa yang dilakukan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DK­RTH) Surabaya patut diacungi jempol. Pasalnya, mereka memanfaatkan barang bekas untuk mempercantik wajah kota. Salah satunya pemanfaatan timba cat untuk pot bunga. Petugas DKRTH mengecatnya di Rumah Kompos Bratang. 

Pengecatan berlangsung sejak dua minggu lalu. "Pot-pot daur ulang ini untuk dipasang di separator jalan protokol," ujar Kordinator Lapangan Rumah Kompos Wito.

Total ada 200 pot pink, kuning, dan hijau tosca. Secara bertahap, media untuk tanaman hias itu sudah dipasang di beberapa ruas jalan. Salah satunya Jalan Prof Dr Moestopo. "Selain mempercantik kota, tanamannya baik untuk lingkungan," tambah Wito.

Selain bekas tempat cat, bahan lain bisa dipakai untuk pot bunga. Salah satunya bekas tempat susu. Wito mengatakan, kaleng susu lebih bagus. Sebab, bahannya dari aluminium. "Kami juga sedang memesan beberapa timba lagi dengan model yang lain," ujarnya.

Selain Rumah Kompos Bratang, DKRTH memiliki beberapa titik lain untuk tempat mengerjakan barang-barang yang bisa mempercantik wajah kota. Misalnya, di Rumah Kompos IPLC Keputih yang membuat berbagai jenis tempat sampah dari bahan dasar ban bekas. Mereka juga merakit alas jogging track dari sandal bekas. (gal/c6/dio) 

Selain bekas tempat cat, bahan lain bisa dipakai untuk pot bunga. Salah satunya bekas tempat susu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News