Baru 30 Menit, Terjadi Ledakan di Kabin Xpress Air

Baru 30 Menit, Terjadi Ledakan di Kabin Xpress Air
Ilustrasi. Foto: pixabay

jpnn.com - jpnn.com -Xpress Air nomor penerbangan XN 812 A nyaris celaka. Pesawat yang terbang dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng menuju Sorong dan Manokwari, Minggu (22/1) dini hari itu, terpaksa kembali ke Cengkareng.

Usai lepas landas, sekitar 30 menit di udara, terjadi ledakan di dalam kabin yang membuat penumpang panik. Sebagian besar penumpang adalah rombongan massa pendukung kandidat calon Gubernur-Wakil Gubernur Papua Barat yang baru menghadiri debat kandidat di Metro TV Jakarta.

Di antara penumpang juga terdapat ketua dan anggota KPU kabupaten/kota, staf KPU Provinsi Papua Barat serta dua jurnalis.

Pesawat Xpress Air terbang dari Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (22/1) dini hari sekitar pukul 01.15 WIT. Menurut keterangan sejumlah penumpang, saat memasuki ruang kabin, mereka sudah merasakan suhu panas tak seperti biasa.

Setelah pesawat mulai meninggalkan langit Pulau Jawa, tiba-tiba penumpang dikejutkan dengan suara ledakan yang diduga berasal dari dalam toilet dan disusul suara ledakan kedua.

Beberapa menit lamanya suasana mencekam dan panik sangat terasa di kabin pesawat. Suara tangis dan dekapan doa terdengar. "Pramugari juga panik dengan kondisi yang terjadi,’’ujar Mira salah satu penumpang XN 812 A.

"Awak juga kepanasan. Padahal ini terbang dini hari, tapi terasa panas. Putar pendingin tapi yang keluar malah uap panas. Memang sepertinya ada yang tidak beres,’’ujar Mira, bendahara KPU Papua Barat, penumpang tujuan Manokwari. "Telinga terasa sakit sekali seperti mau meledak. Anak-anak banyak yang menangis,’’ imbuh Mira.

Penumpang yang sempat tidur kaget bangun dan merasakan telinga mendengung. Sebagian sudah berpikiran yang tidak-tidak. Saya kaget bangun dan merasakan telinga seperti mau meledak,’’ kata Ayu, penumpang lainnya.

Xpress Air nomor penerbangan XN 812 A nyaris celaka. Pesawat yang terbang dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng menuju Sorong dan Manokwari, Minggu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News