Batasnya Hingga Kaki Lelah

Batasnya Hingga Kaki Lelah
Dokter Niko saat menjelaskan tentang varises. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Pemakaian sepatu hak tinggi tidak bisa disampingkan dalam kehidupan kaum hawa, utamanya perempuan karir. Namun, banyak perempuan yang belum paham penggunaan yang benar untuk menghindari varises.

Sabtu (13/10) di talk show Tampil Pede Bebas Varises, hal tersebut dibahas. Bertempat di Grand Dharmahusada Lagoon, acara itu diikuti sekitar 50 peserta. Bukan hanya perempuan yang ikut, para pria pun turut berpartisipasi.

Menurut dokter Niko Azhari Hidayat SpBGKV FIHA, yang paling riskan terkena penyakit itu adalah perempuan. Banyak faktor penyebab. Salah satunya, menggunakan sandal atau sepatu hak tinggi. Jika sandal atau sepatu hak tinggi terlalu lama digunakan, akan berbahaya. ''Batasnya itu kalau kaki merasa lelah, sebaiknya dilepas,'' katanya. 

Runner-up I Puteri Indonesia Jawa Timur Ayuk Hartiningsih yang juga jadi pembicara mengingatkan pentingnya pengetahuan menggunakan high heels. ''Kalau profesi model bisa setinggi 15 cm. Jadi harus dijeda kalau sudah dirasa sakit atau lelah,'' ungkap perempuan yang juga Duta Varises Indonesia tersebut.

Dia juga menyarankan sering melakukan peregangan otot setelah beraktivitas. Terutama kaki yang banyak bergerak. Itu berguna untuk memperlancar peredaran darah dan mencegah terjadinya varises. (dan/c20/dio) 

Dia juga menyarankan sering melakukan peregangan otot setelah beraktivitas. Terutama kaki yang banyak bergerak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News