Beban Ortu Siswa SMA/SMK Lebih Ringan

Beban Ortu Siswa SMA/SMK Lebih Ringan
Siswa SMA. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com -  Dinas Pendidikan Provinsi Jatim sudah resmi menurunkan sumbangan pendanaan pendidikan (SPP) untuk SMA dan SMK Negeri sejak 18 Januari lalu.

Jumlah penurunan SPP ini variatif. Tiga daerah di wilayah Malang Raya pun berbeda. Di Kota Malang misalnya, SPP untuk SMAN turun dari Rp 200 ribu per bulan pada tahun 2016, menjadi Rp 120 ribu.

Demikian pula SPP SMA di Kabupaten Malang dari Rp 150 ribu sampai Rp 250 ribu turun menjadi hanya Rp 75 ribu.

Pun demikian dengan SPP SMAN di Kota Batu yang sebelumnya Rp 120 ribu sekarang tinggal Rp 110 ribu.

Penurunan SPP juga terjadi di SMKN. Di SMKN Kota Malang misalnya, SPP dari Rp 200 ribu (non teknik) menjadi Rp 160 ribu. Sedang untuk jurusan teknik dari Rp 250 ribu menjadi Rp 200 ribu.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Saiful Rachman menjelaskan, keputusan penurunan biaya SPP untuk SMAN dan SMKN tersebut telah disosialisasikan pada rapat koordinasi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) se-Jatim di Hotel Mercure Surabaya 18 Januari 2017.

Menurut Saiful, pertimbangan penurunan SPP ini berdasar hasil kajian matang berbagai stakeholder.

Kajiannya terutama telah dihitung dari rata-rata kemampuan ekonomi siswa SMAN-SMKN plus kebutuhan operasional masing-masing sekolah.

  Dinas Pendidikan Provinsi Jatim sudah resmi menurunkan sumbangan pendanaan pendidikan (SPP) untuk SMA dan SMK Negeri sejak 18 Januari lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News