Beberapa Risiko Besar Jika Anak Tidak Punya KIA

Beberapa Risiko Besar Jika Anak Tidak Punya KIA
Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Kapuas, Kalteng, sudah mencetak 13.417 Kartu Identitas Anak (KIA). Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Asisten Deputi Perlindungan Anak Dalam Situasi Darurat dan Pornografi Kementerian PPPA Valentina Ginting mengatakan, anak tidak mempunyai kartu identitas anak (KIA) akan kesulitan mendapatkan pendidikan dan kesehatan.

“Kami mengimbau para koordinator komunitas anak melalui International Criminal Investigative Training Assistance Program (ICITAP) mengumpulkan data mengenai anak-anak yang tidak mempunyai KIA," ujarnya di Jakarta, Senin (26/2).

Dia menambahkan, pihak sekolah kesulitan memberi beasiswa kepada anak yang kurang beruntung secara ekonomi dan tidak memiliki KIA.

Tidak hanya itu, anak yang tidak mempunyai KIA dan memiliki keterbatasan ekonomi akan sulit terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Valentina juga menyayangkan masih adanya anak yang putus sekolah.

Padahal, mereka memiliki cita-cita tinggi seperti menjadi dokter dan pilot.

“Kami akan menyurati pemerintah daerah atau kementerian/lembaga untuk menindaklanjuti anak-anak yang putus sekolah. Kami juga akan terus memantau hal tersebut melalui Dinas PPPA,” beber Valentina. (esy/jpnn)


anak yang tidak mempunyai kartu identitas anak (KIA) akan kesulitan mendapatkan pendidikan dan kesehatan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News