Beer Pletok, Olahan Taman Herbal Bejo Khas dari Tomang

Beer Pletok, Olahan Taman Herbal Bejo Khas dari Tomang
Selain Beer Pletok Tomang, di Kelurahan Joglo Kecamatan Kembangan juga memanfaatkan olahan hasil tanaman herbal, salah satunya adalah puding rosela. Foto: ist

jpnn.com - JAKARTA - Ada banyak manfaat dari tanaman obat keluarga (toga) yang ditanam warga dalam Lomba Taman Herbal Bejo yang diselenggerakan PT Bintang Toedjoe selaku produsen Bintang Toedjoe Masuk Angin bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK DKI Jakarta.

Di Kelurahan Tomang Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat, masyarakat RW 04 mengolah hasil tanaman herbal menjadi berbagai macam obat, salah satunya untuk penyembuh masuk angin, pegal linu dan asam urat.

Menariknya, mereka memberi nama-nama yang unik, yaitu Beer Pletok. “Ini merupakan produk hasil olahan jahe merah dan rempah-rempah yang ada di taman herbal kami,” kata Lurah Tomang, Aji Kumala saat penjurian Lomba Taman Herbal Bejo.

Selain Beer Pletok, ada juga produk olahan yang diberi nama ‘Cuma Lem Baja’. Nama tersebut merupakan singkatan dari bahan untuk membuat produk unggulan yaitu cuka apel, madu, lemon, bawang putih tunggal dan jahe merah.

Kendati kesulitan soal tanah pekarangan, namun hal itu tidak menjadi kendala bagi warga Tomang. “Kita memanfaatkan pekarangan semaksimal mungkin. Jika tidak ada, solusinya menanam toga di pot bunga atau pot gantung,” sambung Aji.

Dari Presiden Direktur PT Bintang Toedjoe Simon Jonatan menyambut baik usaha kreatif masyarakat yang membuat produk dari hasil olahan tanaman herbal.

“Ini menjadi bukti bahwa masyarakat kita makin paham akan manfaat tanaman herbal. Lewat Lomba Taman Herbal Bejo ini, semoga bisa memacu warga di kelurahan lain untuk berkreasi menciptakan produk dari hasil olahan tanaman herbal,” singkatnya. (adk/jpnn)


JAKARTA - Ada banyak manfaat dari tanaman obat keluarga (toga) yang ditanam warga dalam Lomba Taman Herbal Bejo yang diselenggerakan PT Bintang Toedjoe


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News