Begini Cara Cepat Pantau Real Count KPU di Smartphone

Begini Cara Cepat Pantau Real Count KPU di Smartphone
Pratama Persadha. Foto: dok.JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih menghimpun data penghitungan sementara berbasis formulir C-1 dari tempat pemungutan suara (TPS) atau melakukan penghitungan nyata (real count).

Masyarakat yang ingin mengetahui hasil sementara real count KPU bisa langsung membuka laman resmi yang telah disediakan.

Melalui laman tersebut, selain bisa mengetahui rekapitulasi sementara secara nasional, masyarakat juga bisa langsung memantau perolehan suara masing-masing pasangan capres berbasis TPS.

"Hal ini untuk memastikan dan meyakinkan kepada masyarakat bahwa data secara manual tidak berbeda dengan data di server KPU," kata Chairman CISSReC Pratama Persadha, Senin (22/4).

(Baca Juga: Cerita Luhut Panjaitan Telepon Prabowo Subianto, Oh Ternyata)

Dia mengatakan scan formulir C-1 yang di-upload melalui laman KPU menunjukan bahwa lembaga penyelenggara pemilu tersebut terbuka dan transparan sehingga bisa dikoreksi apabila terjadi kesalahan.

"Seperti halnya ada kesalahan entri data yang terjadi beberapa waktu lalu, bisa langsung dikoreksi dan diperbaiki," kata Pratama.

Karena itu, lanjut Pratama, dibutuhkan peran aktif masyarakat memantau dan mengawasi proses pemilu agar berlangsung jujur dan adil.

Scan formulir C-1 yang di-upload melalui laman KPU menunjukan bahwa lembaga penyelenggara pemilu tersebut terbuka dan transparan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News