Begini Kesiapan Pertamina Amankan Stok LPG Selama Ramadan 2019

Begini Kesiapan Pertamina Amankan Stok LPG Selama Ramadan 2019
Gas elpiji subsidi 3 kg. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, JAKARTA - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi untuk bisa melayani kebutuhan LPG masyarakat di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten selama bulan Ramadan.

Unit Manager Communication & CSR MOR III Dewi Sri Utami menjelaskan, Pertamina MOR III yang telah memasuki masa Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2019, telah menyiapkan sebanyak 30.236 pangkalan LPG siaga.

Kemudian 1.165 agen LPG PSO dan 183 agen LPG NPSO siaga di wilayah Jawa Bagian Barat sejak memasuki bulan Ramadan tahun ini.

“Kami memprediksi selama bulan puasa hingga lebaran nanti, konsumsi LPG akan naik seiring dengan meningkatnya aktivitas memasak masyarakat. Untuk menjaga pelayanan kepada masyarakat di bulan suci ini, kami telah menyiapkan pangkalan siaga yang tetap beroperasi agar masyarakat mudah mendapatkan LPG,” ujarnya.

Dewi menambahkan, selain kesiapan agen dan pangkalan siaga, Pertamina MOR III juga menyiapkan 388 Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) Kantong atau skid tank dengan total kapasitas 5775 MT untuk siaga di wilayah Jawa Bagian Barat.

Apabila diperlukan, pihaknya telah menyiagakan pula pasokan fakultatif, yakni pasokan tambahan yang sewaktu-waktu dilakukan sesuai kebutuhan.

Masyarakat juga bisa mendapatkan LPG nonsubsidi seperti Bright Gas dan Elpiji 12 kg di outlet seperti minimarket modern, Bright Home Service, dan di sejumlah SPBU.

“Kami mengimbau masyarakat yang tergolong mampu menggunakan Bright Gas 5,5 Kg, Bright Gas 12 kg, dan Elpiji 12 Kg di beberapa outlet dan SPBU sehingga penggunaaan LPG 3 Kg benar-benar tepat sasaran,” jelas Dewi.

Selama bulan puasa hingga lebaran nanti, Pertamina memprediksi terjadi kenaikan konsumsi LPG.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News